Edisi 10-08-2018
Perampok Gasak RPH Karawaci, Rp1 miliar Raib


Perampok diduga berjumlah dua orang masuk RPH yang berada di Jalan Taman Cisadane, Panunggangan Barat, Cibodas, dengan cara memanjat tembok dan membobol plafon ruang staf di lantai dua.

Kemudian pe - laku menyekap dua karyawan RPH ke sebuah ruangan. Tak hanya itu, perampok ju - ga melewati petugas keamanan setempat yang dalam kondisi lengah. Pelaku sepertinya su - dah mengenal sangat baik lo ka - si RPH yang langsung menuju tempat penyimpanan uang. “Rp1 miliar yang disimpan di brankas habis dikuras pelaku. Saat ini petugas masih bekerja di lapangan. Kami masih me ngum - pul kan keterangan saksi-saksi,” ujar Kapolsek Jatiuwung Kom - pol Eliantoro Jalmaf, kemarin. Kapolrestro Tangerang Kota Kombes Pol Harry Kurniawan langsung menuju RPH dan membentuk tim khusus guna meng - ungkap kasus perampokan ter - sebut.

“Kami juga memeriksa kamera pengawas/CCTV. Dari keterangan pemilik, uang yang hilang diambil para pelaku berjumlah Rp800 juta bukan Rp1 miliar,” kata Harry. Meski menyekap dua kar ya - wan RPH, perampok tidak me - lukai korban. “Hanya diikat dan dilakban lalu disekap di dalam ruangan. Mereka kemudian me - nguras isi brankas,” ucapnya. Menurut dia, lokasi RPH Ka - ra waci sangat tertutup. Tidak sem barang orang bisa keluar ma - suk area RPH selain kar ya wan dan supplier. “Saat ini pe tu gas ma - sih memburu pelaku,” katanya. Di bagian lain, polisi berhasil membekuk delapan pelaku ke ja - hatan jalanan yang kerap ber aksi di Kota Tangerang. Mereka kerap menjambret warga yang tengah bermain ponsel. Aksi pen jam - bret ini sudah sangat mere sah - kan.

Awalnya empat pe laku, yak - ni CD, VM, HD, dan YD beraksi di Jalan Mortir II, Perum Taman Gebang Raya, Pe riuk, Tangerang, Selasa (7/8) lalu. Mereka meng - hampiri kor ban Cecep Nugraha yang sedang memainkan ponsel di pinggir jalan. “Tiba-tiba dua pelaku yang ber boncengan langsung me - rampas ponsel,” kata Kapolsek Jatiuwung Kompol Eliantoro Jalmaf. Nahas, saat beraksi CD dan VM terjatuh dari sepeda mo tor - nya. Saat akan kabur, VM ber - hasil ditangkap dan menjadi bulan-bulanan warga. “Se men - tara CD, HD, dan YD melarikan diri dengan berboncengan mo - tor,” katanya.

Kanit Reskrim Polsek Jatiuwung AKP Zazali menuturkan dari keterangan VM akhirnya CD, HD, serta YD diringkus. “Ka mi kembali melakukan pe - ngembangan dan menangkap empat penjambret lainnya yak - ni KV, RM, FR, dan KR,” ujarnya. Di hadapan petugas, pelaku yang rata-rata remaja ini meng - aku telah beraksi puluhan kali.

Hasan kurniawan