Edisi 10-08-2018
Beban Berat Kepa


LONDON– Kepa Arrizabalaga merasa senang karena mendapat kepercayaan dari Chelsea. Tapi, di sisi lain, sosok berusia 23 tahun itu memikul tanggung jawab besar setelah ditahbiskan sebagai kiper termahal sedunia.

Kepa akhirnya resmi merapat ke Stamford Bridge setelah Chelsea menebus klausul pelepasannya sebesar 72 juta poundsterling atau sekitar Rp1,37 triliun dari Atletico Bilbao. Sosok berpostur 189 cm asal Spanyol itu dikabarkan menandatangani kontrak selama tujuh musim. Itu berarti Kepa telah mendompleng status Alisson Becker yang sempat menjadi kiper paling mahal selama tiga pekan. Sebelumnya, Becker diboyong Liverpool dari AS Roma seharga 67 poundsterling (Rp1,2 triliun). Tapi, harga mahal ini tentu menjadi beban tersendiri bagi Kepa. Karena, biasanya klub mengeluarkan dana mahal untuk membeli pemain ber - karakter menyerang. Pasalnya, pertandingan baru bisa di - menangkan jika ada tim yang mencetak gol lebih banyak. Sementara Kepa sebagai kiper tentu tidak bisa ikut maju.

Dia hanya bisa membuktikan kualitasnya dengan mencatat clean sheetdi setiap pertanding - an. Itu jelas bukan tugas mudah mengingat di Liga Primer musim lalu Chelsea kebobolan hingga 38 kali. Selain itu, Liga Primer merupakan kompetisi yang kerap menampilkan permainan terbuka dan menyerang. Kepa nanti bakal merasakan agresivitas Manchester City (Man City) selaku jawara bertahan yang sebelumnya mampu mengemas 106 gol di kompetisi domestik. Masih ada Liverpool yang diperkuat Mohamed Salah atau Tottenham Hotspur dengan Harry Kane. Kedua bomber itu bakal menjadi ancaman serius bagi Kepa mengingat sebelumnya sanggup mendulang 32 gol dan 30 gol. Terlebih dengan statistik yang sejatinya dianggap kurang mengesankan.

Musim lalu Kepa kebobolan hingga 43 kali dari 30 penampilan di Primera Liga bersama Bilbao. Selama periode itu, dia cuma mencatat tujuh clean sheet. “Kepa adalah bakat yang kami kagumi sejak lama. Kami sangat gembira dengan kedatangannya. Dia telah menunjukkan kualitas dan konsistensi yang luar biasa. Dia akan menjadi bagian besar dari keberhasilan Chelsea,” ucap Direktur Olahraga Chelsea Marina Granovskaia. Kepa minimal harus bisa membayar kepercayaan yang diberikan dengan tampil bagus pada laga pembuka Liga Primer. Dia kabarnya akan diturunkan saat The Blues menyambangi Huddersfield, Sabtu (11/8).

M mirza