Edisi 10-08-2018
Daud Yordan Bidik Gelar Juara WBA


JAKARTA- Daud Yordan yakin bisa menghadapi ung gulan pertama kelas ringan WBA Jorge Linares pada No vember mendatang.

Petinju andalan Indonesia itu merasa optimistis bisa mendapatkan gelar juara dunia di kelas itu. Setelah menganvaskan petinju Rusia Pavel Malikov di Yekaterinburg, Rusia, April Ialu, Daud berhasil merebut gelar juara WBO lnter- Continental, sekaligus memantap kan posisinya di peringkat 2 WBA. Dengan catatan itu, Daud memiliki peluang besar untuk memperebutkan gelar juara reguler kelas ringan WBA yang lowong setelah Linares kalah dari Vasyl Lomachenko, yang kini menjadi WBA Super Cham - pion. Tapi, petinju berusia 31 tahun ini butuh persiapan matang sebelum menghadapi lawannya itu. Pasalnya, Linares meru pa - kan mantan juara dunia di tiga kelas berbeda.

Meski promo tor - nya, Mahkota Promotion, sedang melakukan negosiasi masalah fee dan tempat penyelenggaraan, Daud sangat yakin akan bertarung dengan lawannya itu. Karena itu, dia akan meningkatkan persiap - annya lebih keras lagi. “Sejauh ini saya sudah siap menghadapi Linares dan yakin bisa membawa pulang gelar juara dunia. Mereka (pihak Lina res) sangat ingin melawan saya. Saya juga ingin mela - wannya. Dia memiliki trek rekor yang sangat baik. Saya sangat siap menang dengan KO. Minimal di bawah ronde 11,” kata petinju, yang akrab dipanggil Cino itu, kepada wartawan. Promotor Internasional Raja Sapta Oktohari menga - takan sudah saatnya Daud untuk kembali naik ring dengan tujuan merebut gelar juara dunia.

Dan, Linares ada-lah Iawan tepat karena petinju asal Venezuela ini sekarang berada di peringkat pertama WBA. Partai Daud versus Linares akan menjadi partai yang ditunggu karena mem pertemukan dua petinju dengan peringkat teratas. “Dengan posisi Daud sekarang ini, tentu saja kami ingin Daud merebut gelar juara dunia dan kami mengincar Linares untuk bertarung dengan Daud. Linares juga sudah mengontak Daud dan mengatakan bahwa dirinya siap bertarung dengan Daud. Jadi, Linares sudah tidak bisa mengelak Iagi,” ucap Okto. Langkah menuju perta rung - an perebutan gelar juara dunia telah dirintis Mahkota Promotion cukup lama.

Di tengah persiapan duel antara Manny Pacquiao dan Lucas Matthysse di Kuala Lumpur, penengahan Juli Ialu, Mah kota Promotion yang diwakili Gustiantira Alandy dan Urgyen Rinchen Sim bertemu dengan VP of Matchmaking Golden Boy Promotion, Roberto Diaz, untuk membi carakan rencana pertarungan Daud versus Linares. Hasil pembicaraan mengarah positif. Sementara itu, Okto - sapa - an Raja Sapta Oktohari - menga takan pertarungan antara Daud dan Linares kemungkinan digelar di luar Indonesia. Karena, masalah sponsor menjadi hal yang paling utama. Meski begitu, dia juga tidak menutup ke - mungkinan pertandingan itu bisa berlangsung di Tanah Air.

“Tempatnya tidak di Indonesia, tapi sedang di-biding di beberapa negara kita, juga menunggu sponsor. Sampai saat ini yang pasti di luar Indonesia bahkan di luar Asia. Akhir bulan ini Daud akan kembali ke Spanyol. Dia akan mempersiapkan diri untuk menghadapi Linares. Di sana, dia akan mendapatkan lawan latih tanding yang memiliki tipe permainan seperti Linares,” tutur Okto.

Raikhul amar