Edisi 10-08-2018
Pesona Mobil Hybrid Suzuki


Saat ini pengembangan mobil tidak sekadar fitur, tetapi juga bagaimana menciptakan mobil yang ramah lingkungan dan rendah emisi.

Karena itu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek (APM) Suzuki memanfaatkan momentum Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 untuk memperkenalkan mobil konsepnya. M obil konsep yang digadang-ga - dang sebagai ja - go an di masa de - pan itu adalah All New Swift Strong Hybrid, hatch back dengan perpaduan dua tenaga yang memak si mal - kan performa mobil, tetapi te - tap ramah lingkungan.

“Kami menyadari bahwa ke - bu tuhan mobil yang ramah ling - kungan dan rendah emisi akan se makin penting untuk masa de pan. Karena itu, kami mem - per kenalkan konsep Suzuki All New Swift Strong Hybrid dalam ajang GIIAS 2018 sebagai bentuk kesiapan kami untuk menghadirkan mobil ramah ling - kung an dan emisi rendah di Indo nesia,” ujar Yulius Purwanto, Head of 4W Product De ve lopment & Accessories PT SIS.

Diperkenalkan pada 2017 di Jepang, Suzuki All New Swift Strong Hybrid memiliki sistem perpaduan dual jet engine dan motor generator unit (MGU). Dual jet engine merupakan me - sin kemudi kompak yang lang - sung memberikan tenaga besar, sedangkan MGU merupakan mo tor penggerak untuk mem - bantu kinerja mesin. De - ngan tetap menjaga handling khas Swift, sistem ini me ngom bi - nasikan efisiensi bahan bakar hingga 32 km/liter dan sensasi ber ken dara secara langsung berkat duet mesin dual jet engine dan MGU. Perpaduan dual jet engine dan MGU yang disematkan pada All New Swift Strong Hybrid ini menawarkan dua jenis mode mengemudi.

Pengendara dapat memilih antara berkendara de - ngan kecepatan tinggi (standard mode) atau mengemudi dengan efisiensi bahan bakar dengan EV (electric vehicle ) driving . Pada saat kecepatan di bawah 80 km/jam atau kecepatan kons - tan MGU membantu meng hen - ti kan mesin secara otomatis dan mengubahnya menjadi EV. Namun, ketika kecepatan di - naikkan atau pergantian gigi se - cara bertahap, mesin akan be - ker ja dan MGU membantu ki - nerja mesin untuk menambah ke cepatan. Sedangkan, pada saat kecepatan berkurang, mo - tor akan menghasilkan lis - trik yang di gu na - kan untuk men-charge battery (litium). Lebih dari sekadar display, per kenalan All New Swift Strong Hybrid pada gelaran GIIAS 2018 bertepatan dengan penye leng - ga raan Studentís Day.

Dihadiri 50 siswa SMK Triguna Utama Ta ngerang Selatan, Suzuki ber - kesempatan mengedukasi para siswa mengenai produk All New Swift Strong Hybrid. Selain itu, pada kesempatan kali ini, Suzuki mengundang tim mobil listrik Arjuna dari Uni - versitas Gajah Mada, Yog yakarta, yang akan mengikuti pertan - dingan Formula Student Auto - motive Engineer-Australasia (FSAE-A) 2018 di Mel bour ne, Aus tralia. Ajang ini me rupakan kompetisi inter nasional kedua, di mana Tim Arjuna menjadi satusatunya peserta dari Indonesia. Tahun ini Suzuki boleh di - bilang agresif. Tidak hanya di pa sar dalam negeri, tetapi juga mancanegara.

Hady Surjono Halim, Department Head of Export PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), memaparkan, pa - da semester I/2018 ini, Suzuki berhasil mencetak nilai ekspor yang positif. Hal ini terbukti dari kenaikan nilai ekspor, baik roda empat dan roda dua. Se - iring dukungan pemerintah, Su zuki berharap dapat mem - pertahankan keunggulannya di pasar ekspor dengan me man - faat kan kesempatan emas ini. Upaya Suzuki di pasar eks por roda empat berbuah manis karena pada semester I/2018, Suzuki berhasil meningkatkan ekspor mobil sebesar 11% de - ngan jumlah 31.759 unit di ban - dingkan semester I/2017 se ba - nyak 28.251 unit.

Dengan jum - lah tersebut, Suzuki telah meng - ekspor produknya ke 47 negara dan hampir memenuhi tar get ke 51 negara tujuan eks por Suzuki selama 2018, meli puti Thailand, Filipina, Viet nam, Pakistan, Chile, Peru, Boli via, Kostarika, Honduras, Ko lombia, Panama. Ekspor Suzuki yang terdiri dari mobil utuh (completely built up/CBU) dan mobil terurai (com pletely knock down /CKD) tetap menunjukkan tren positif sepanjang 2018. Terbukti, raih - an ekspor mobil utuh (CBU) me - le jit 13,8 % menjadi 14.479 unit pada 2018 dibandingkan tahun 2017 yang hanya 12.723 unit.

Sedangkan, ekspor kendaraan dalam bentuk terurai (CKD) Suzuki juga naik tajam, sebesar 11,3%, menjadi 17.280 unit dari 15.528 unit. Dari ekspor CBU, Suzuki APV menjadi model yang paling banyak diekspor, yakni 8.080 unit pada semester I/2018. Akan tetapi, dari ekspor CBU, Su zuki New Ertiga mencetak lon jakan ekspor tertinggi hingga 37% pada semester I/2018.

Anton c