Edisi 10-08-2018
PRAISE Salurkan 100 Dropping Box


PACKAGINGand Recycling Association for Indonesia Sustainable Environment (PRAISE) bersama Waste4Change berinisiatif menempatkan 100 unit Dropping Box di berbagai wilayah di Jakarta.

Kegiatan tersebut merupakan upaya asosiasi independen yang digawangi Coca-Cola, Indofood, Nestle, Tetra Pak, Da - none, dan Unilever Indonesia dalam meng - edukasi sekaligus membentuk kebiasaan ma - syarakat untuk memilah sampah demi men - dukung usaha daur ulang sampah kemasan. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat, timbulan sampah di seluruh Indonesia pada 2017 mencapai 65,8 juta ton per tahun. Di Jakarta sendiri tercatat volume sampah mencapai 6.500-7.000 ton per hari. Mengenai kondisi pengelolaan sampah, riset terbaru Sustainable Waste Indonesia (SWI) pada 2018 mengungkapkan, sebanyak 24% sampah di Indonesia masih tidak terkelola.

Artinya, sekitar 15 juta ton sampah mengotori ekosistem dan lingkungan karena tidak ditangani. Data yang sama juga menunjukkan 69% sampah berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA) dan baru 7% sampah berhasil didaur ulang. “Perilaku memilah sampah pada masyarakat Indonesia masih rendah. Menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2014, tingkat perilaku memilah sampah di rumah tangga baru mencapai 18,84%. Oleh karena itu, untuk bersama-sama memperbaiki kondisi ini, PRAISE percaya bahwa partisipasi masyarakat untuk mulai aktif memilah sampah harus terus digalakkan,” ujar Sinta Kaniawati selaku perwakilan PRAISE.

PRAISE hadir sebagai bentuk kepedulian, komitmen, dan tanggung jawab perusahaan yang menggawanginya untuk turut memberikan solusi serta edukasi berkelanjutan bagi persoalan pengelolaan sampah di Indonesia. Salah satu komitmen PRAISE tertuang dalam program kerja pengembangan model kolaboratif sistem pengelolaan sampah atau disebut ESR (Extended Stakeholders Responsibility). Untuk melanjutkan komitmen itu, sebagai langkah awal, 100 unit Dropping Box ditempatkan berbagai wilayah di Jakarta.

Titi sa