Edisi 19-08-2018
Asian Games Paling Spektakuler


Jutaan pasang mata dari berbagai penjuru dunia menyaksikan upacara pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8/2018) malam.

Asian Games Jakarta- Palembang ini diikuti 11.000 lebih atlet dari 45 negara. Didukung oleh 4.000 penari dari 18 sekolah menengah atas (SMA) di DKI Jakarta yang menampilkan tari-tarian Indonesia membuat opening ceremony Asian Games 2018 diklaim sebagai salah satu aksi panggung paling spektakuler di dunia.

Konsep tarian mengusung tema Indonesia is Jamrud Khatulistiwa atau The Glory of Indonesia , menggambarkan Indonesia yang sangat beragam, tapi bisa berdampingan. Salah satu adegan dengan ucapan salam menggunakan bahasa assalamualaikum yang dipadu dengan tari Saman dari Aceh sebagai salam untuk undangan dan kontingen negara.

Kemudian dilanjutkan dengan tari yang menyuguhkan perjalanan Indonesia dari Abad VII, era Sriwijaya, Majapahit, kemudian Gajah Mada dengan Sumpah Palapanya.

Pada ragam tarian itu juga dimasukkan unsur Indonesia yang merupakan negara tropis, maritim, dan negara yang memiliki banyak pegunungan. Presiden RI Joko Widodo membuka secara resmi pembukaan Asian Games 2018 dengan aksinya naik sepeda motor sampai ke panggung saat acara pembukaan.

Hasiholan Siahaan

Berita Lainnya...