Edisi 19-08-2018
MNC Finance Dukung Pembentukan APPI Cirebon


CIREBON–MNC Finance Cabang Cirebon mengordinasikan 48 perusahaan pembiayaan di Kota Cirebon, Jawa Barat, agar mengaktifkan kembali Forum Komunikasi Daerah Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).

APPI dibentuk sebagai wadah komunikasi dan diskusi terkait permasalahan yang dialami oleh Perusahaan Pembiayaan. Selain itu, dengan adanya forum resmi tersebut akan mempermudah interaksi dengan pemerintah, dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku lembaga pengawas industri keuangan.

“Pembentukan APPI ini sebagai wadah bagi perusahaan pembiayaan yang tersebar dari Sabang-Merauke agar lebih mudah ber komunikasi dan berdiskusi, terkait permasalahan yang dialami.

Forum ini juga berfungsi seba gai alat interaksi dengan OJK selaku pengawas,” kata Di rek tur Eksekutif APPI Pusat Susilo Sudjono di Kantor OJK Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (15/8). MNC Finance berinisiatif melakukan koordinasi dengan beberapa perusahaan pembiayaan agar bisa mengaktifkan kembali FKD APPI di Kota Cirebon.

Forum ini sebetulnya sempat aktif pada 2010 dengan 10 orang anggota. Namun karena ketentuan perusahaan yang merotasi kepala cabangnya beberapa tahun sekali, membuat forum ini tidak berjalan sementara waktu.

“Kami berinisiatif mengoordinasi beberapa perusahaan agar mengaktifkan fo rum ini kembali,” kata Branch Manager MNC Finance Ca bang Cirebon Lukman Firmansyah. FKD APPI saat ini diketuai oleh Agus Suhendi.

Proses pemilihan dilakukan oleh 32 Pim pinan cabang Perusahaan Pembiayaan yang hadir di kantor OJK Kota Cirebon. Branch Manager MNC Finance Cabang Cirebon terpilih menjadi Sekretaris FKD APPI.

Banyaknya permasalahan yang dialami oleh perusahaan pembiayaan, seperti salah satu perusahaan penarikan jaminan (PPJ) yang disangkakan melakukan tindakan pencurian dengan kekerasan (curas) barubaru ini.

Hal itu tentu akan berdampak pada minimnya penyelesaian akibat kredit macet di perusahaan pembiayaan di Kota Cirebon karena mereka masih meng gu nakan alternatif PJJ untuk mengatasi masalah penarikan jaminan.

“Semoga terbentuknya FKD APPI ini akan menjadi penggerak dan jembatan komunikasi dengan OJK. Supaya dapat menyelesaikan masalah yang ada,” kata Lukman.

Dengan dibentuknya kepengurusan baru serta pengaktifan kembali FKD APPI di Kota Cirebon, diharapkan mampu menemukan solusi terkait permasalahan yang dialami perusahaan pembiayaan. Dengan demikian, iklim usaha yang bergerak di in dus tri keuangan non-bank, dapat berjalan lancar.

hafid fuad

Berita Lainnya...