Edisi 12-09-2018
Isi Kekosongan di Serang, WH Ajukan Penjabat Daerah


SERANG - Demi menghindari kekosongan jabatan kepala daerah di Kota Serang, Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) telah mengajukan Penjabat (Pj) Wali Kota Serang ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Nama calon penjabat yang diajukan, yakni Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Banten Ade Aryanto. Ade akan mengisi kekosongan posisi kepemimpinan Kota Serang menyusul Wali Kota Serang Tubagus Haerul Jaman dan wakilnya Sulhi Choir yang mengundurkan diri lantaran maju sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg). ”Sudah (ditunjuk). Pak Ade dari Kesbangpol,” kata WH di Serang, beberapa waktu lalu. Jaman maju menjadi bacaleg DPR dari Partai Golkar di daerah pemilihan (dapil) Banten II. Sementara Sulhi menjadi bacaleg DPRD Banten melalui Partai Perindo di dapil Kota Serang.

Posisi keduanya akan digantikan Ade pada akhir September ini. Ade diketahui pernah bertugas di Pemkot Serang. ”Paling nggak dia tahu (kondisi Kota Serang),” ucapnya. Tidak hanya di Kota Serang, banyak juga pejabat di Banten mundur dan memilih pensiun agar bisa mencalonkan diri menjadi calon anggota legislatif. Seperti halnya Sekda Banten Ranta Soeharta yang mundur dari jabatannya kemudian memilih menjadi bacaleg DPR dari Partai NasDem. Ranta sebagai putra daerah Banten ingin mengabdikan diri untuk kepentingan Provinsi Banten.

”Saya tahu permasalahan- permasalahan di sini, paling tidak saya bisa bantu gubernur. Beliau kan dulududukdi Komisi II DPR bidang pemerintahan,” ujar Ranta.

Teguh mahardika