Edisi 12-09-2018
Orang Kaya Hong Kong Lebih Banyak dari New York


HONG KONG–Hong Kong telah melebihi New York City sebagai tempat dengan konsentrasi tertinggi warga superkaya.

Menurut laporan yang dirilis firma data Wealth-X, Hong Kong mengalami kenaikan 31% jumlah warga ultra-kaya de ngan kekayaan sekitar USD30 juta. Hong Kong memiliki 10.000 penduduk yang masuk dalam kategori punya “kekayaan bersih ultra-tinggi” dibandingkan sekitar 9.000 orang di New York City. “Tokyo, Los Angeles, London, dan Paris juga masuk dalam urutan 10 besar dalam daftar itu,” papar laporan Wealth- X, dikutip Business Insider. Secara global, jumlah orang ultra-kaya naik 13% pada 2017, dengan total lebih dari 250.000 orang. Menurut data itu, yang masuk kelompok tersebut memiliki total kekayaan bersih USD31,5 triliun.

“Mayoritas war ga superkaya itu meng ha silkan antara USD30 juta-100 juta, dan lebih dari 2.700 orang atau 1% menghasilkan USD1 mi liar atau lebih pada tahun lalu,” papar laporan itu. Asia mengalami pert umbuh an tercepat dalam jumlah megajutawan, yang dipimpin oleh Hong Kong dan China daratan. Menurut perkiraan, pada 2017 satu dari tujuh orang di Hong Kong adalah jutawan. Harga properti di Hong Kong yang naik merupakan cer - minan pertumbuhan kekayaan penduduknya. Hong Kong telah memecahkan beberapa rekor penjualan properti selama ta - hun lalu. Pada November 2017 apartemen paling mahal di Asia terjual di Hong Kong dengan total seharga USD149 juta.

Pada Juni satu tempat parkir tunggal di Hong Kong yang awal - nya dibeli senilai USD430.000 telah dijual lagi senilai hampir dua kali lipat dari harga ter sebut. Hong Kong saat ini me ng alami krisis pe ru mah an, di mana se tiap jengkal tem pat di kota itu dipakai untuk pem bangunan pro perti peru mahan. Pertumbuhan ekonomi China yang pesat dalam be be rapa dekade membantu men dorong meningkatnya jumlah orang ultra-kaya di Hong Kong. Beberapa miliarder Hong Kong yang terkenal antara lain Li Ka-shing dengan perusahaan Cheung Kong (CKHUY) yang mengelola pelabuhan, jari ngan teleko muni kasi, dan per usa haan energi di berbagai pen juru dunia.

Tak ada satu kota pun di China daratan yang masuk dalam 10 besar daftar Wealth-X ka rena orang superkaya tersebar di berbagai wilayah. Beberapa orang terkaya di China daratan adalah Pendiri Alibaba Jack Ma dan Pendiri Tencent Pony Ma. “Dinamisnya penciptaan kek ayaan di penjuru China tetap mengejutkan,” papar laporan itu. Secara keseluruhan, Ameri ka Serikat (AS) tetap menjadi negara pilihan bagi orang ter ka ya dunia dan rumah hampir se pertiga individu dengan ke ka yaan bersih ultra-tinggi. Na mun, Asia dan China terus me ngejar.

Syarifudin