Edisi 12-09-2018
Dibuka Umum, Ribuan Warga Padati Istana Bogor


BOGOR – Sejak hari pertama (10/9) dibuka kegiatan Istana Bogor Open atau Istana Untuk Rakyat (Istura) dalam rangka Hari Jadi Bogor Ke-536 hingga kemarin, ribuan peserta memadati Plaza Balai Kota Bogor sebagai titik start.

Istura merupakan kegiatan rutin satu tahun sekali. Kali ini digelar sejak Senin (10/9) hingga Sabtu (15/9). ”Masyarakat tidak hanya bisa melihat dari dekat bagaimana Istana Bogor, tapi merasakan langsung rasa kebanggaan tersebut. Mudahmudahan acara ini berjalan aman, lancar, dan tertib. Semua peserta mengikuti aturan yang telah ditetapkan,” ujar Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman kemarin. Kegiatan Istura setiap tahun menunjukkan keberhasilan yang luar biasa dari aspek kuantitas, bahkan bisa dipromosikan menjadi wisata internasional. ”Sehingga mendatangkan turis-turis mancanegara datang ke Kota Bogor dan ini menambah pendapatan asli daerah (PAD),” katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah pengunjung Istura setiap tahunnya mengalami peningkatan dan melebihi target yang ditetapkan panitia. Dari target 25.000 peserta sampai hari terakhir pendaftaran tercatat sudah 53.000 lebih peserta yang mendaftar. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Shahlan Rasyidi menuturkan, jumlah pengunjung Istura pada 2017 sebanyak 22.000 orang. Pada 2018 ditargetkan ada kenaikan 10% atau sekitar 1.200 orang. ”Namun, ternyata jumlah pendaftar tahun ini membeludak mencapai 53.629 orang,” ucapnya. Membeludaknya pengunjung Istura karena pengunjung bisa masuk Kebun Raya Bogor secara gratis. Gratis ini artinya hanya bagi peserta Istura, di luar itu tetap harus membayar seperti biasa.

”Yang bisa masuk Kebun Raya gratis hanya peserta Istura yang sudah diberi tanda di tangannya,” kata Shahlan. Menurut dia, mekanisme peserta Istura masih seperti tahun sebelumnya. Peserta berangkat dari Plaza Balai Kota Bogor kemudian masuk pintu Istana. ”Setelah mengunjungi Istana bagi yang ingin masuk Kebun Raya bisa langsung ke Kebun Raya. Setelah dari Kebun Raya peserta juga bisa mengunjungi beberapa museum yang dibuka umum,” ungkapnya.

Haryudi