Edisi 12-09-2018
Skotlandia Akhiri Mimpi Buruk


GLASGOW –Skotlandia dipercaya akan mampu mem bukukan hasil bagus selama mengikuti UEFA Nations League.

Berhasil mengakhiri periode suram dengan mengalahkan Albania 2-0 menjadi bukti pasukan Alex McLeish sudah bangkit dari keterpurukan. McLeish menyatakan tidak pernah panik terkait hasil buruk yang diraih Skotlandia.

Sebelum berjumpa Albania di Hampden Park, Selasa (11/9), John Souttar dkk hanya mencatat satu menang, satu imbang, dan lima kalah dari tujuh laga terakhir. Skotlandia bahkan telah menelan tiga kekalahan be runtun di ajang persahabatan.

Itu membuat mereka di ramalkan tidak bisa berbuat banyak saat melakoni laga pertama UEFA Nations League di League C untuk Grup 1. Tapi, berkat gol bunuh diri Berat Djimsiti (47) ditambah sontekan Steven Naismith (68), Sko landia mampu mematahkan prediksi tersebut.

Itu menjadi kemenangan pertama mereka di partai resmi sepanjang 2018. “ Kami tidak hanya menambal keretakan. Ini me nge nai membangun sesuatu yang baru,” ujar McLeish, dilansir Skysport .

Bisa menjebol gawang Albania dua kali tanpa ba las menjadi respons sempurna setelah sebelumnya tak luk tiga kali berturut-turut tanpa sekali pun men cetak gol. Sebelumnya, Skotlandia dipermalukan Peru (0-2), Mek siko (0-1), dan Belgia (0-4).

“Ada sejumlah pemain yang datang di mana mereka mungkin sebelumnya tidak pernah berpikir bakal membela Skotlandia. Sebelum pertandingan, saya berkata kepada pemain bahwa saya yakin mereka akan bisa memperbaiki kesalahan yang terjadi saat melawan Belgia,” ujar McLeish.

Terlepas dari kualitas lawan yang dianggap medioker, performa Skotlandia pada laga kandang itu cukup memuaskan. Tuan rumah mampu mencetak 11 upaya yang mana lima mengarah kegawang dengan penguasaan bola mencapai 59%.

Ini tentu menjadi indikasi positif ketika nanti menyambangi Israel saat lanjutan UEFA Nations League pada 12 Oktober mendatang. Jika menang lagi, peluang mereka menjadi juara Grup 1 dan melaju ke babak gugur akan semakin terbuka.

Beralih ke League B, Turki berhasil meraih angka pe nuh pertamanya di Grup 2. Kunjungan mereka ke markas Swedia di Friends Arena berakhir kemenangan 3-2. Semangat pantang menyerah yang di tunjukkan Sinan Bolat dkk berhasil menebus kekalahan 1-2 dari Rusia pada laga pertama.

Pada partai tandang itu Turki nyaris tumbang lagi karena tertinggal dulu 0-2 akibat ulah Isaac Thelin (34) dan Viktor Claesson (49). Tapi, gol balasan dari Hakan Calhanoglu (51) serta kontribusi Emre Akbaba (88, 90+2) membuat tim tamu balik unggul 3-2.

m mirza


Berita Lainnya...