Edisi 12-09-2018
Jababeka Gandeng Dua Perusahaan Jepang Garap Golf Villa


JABABEKA melalui anak usahanya, PT Grahabuana Cikarang (GBC), melakukan penandatanganan kesepakatan joint venture pengembangan lahan residensial dengan Keihan Real Estate Co Ltd dan Nice Corporation asal Jepang.

Kesepakatan joint venture ditandatangani Sutedja S Darmono selaku President Director GBC dan Yoshihisa Doumoto selaku President Keihan Real Estate Co Ltd serta Koichiro Hirata selaku Chairman Nice Corporation.

Komposisi saham antara Jababeka, Keihan Real Estate Co Ltd, dan Nice Corporation secara berurutan adalah 49%, 48%, dan 3%. Ketiga pihak sepakat untuk membentuk sebuah perusahaan patungan (joint venture ) dan pengembangan residensial dengan konsep golf villa seluas 2,7 hektare (ha).

Proyek golf villa ini akan menjadi salah satu proyek kelas atas Jababeka Residence tahun 2018. “Saat ini adalah waktu yang tepat mengembangkan kawasan Jababeka Residence menjadi kawasan residensial kelas atas setelah sukses dengan proyek joint venture dengan Creed Group asal Jepang untuk membangun serviced apartment Kawana Golf Residence,” ujar President Director GBC Sutedja S Darmono.

Keihan Real Estate Co Ltd merupakan pengembang terintegrasi yang membangun proyek residensial berdasarkan jalur transportasi kereta api (Keihan Line) yang dibangun Keihan Group.

Jalur utama Keihan Line di Jepang meliputi kawasan Osaka-Kyoto yang menjadi salah satu daya tarik turis karena pemandangan indah sepanjang jalur tersebut. Selain pengelolaan transportasi kereta api, Keihan Group memiliki unit bisnis real estat, ritel, dan leisure , dengan total 50 anak perusahaan.

Portofolio Keihan Real Estate Co Ltd mencakup pengembangan properti, manajemen properti, pemasaran properti residensial, konstruksi dan lainnya. Salah satu proyek unggulan Keihan Real Estate Co Ltd adalah kawasan residensial eksklusif The FINE dengan desain yang berfokus pada lifestyle dan berhasil meraih penghargaan Good Design Award pada 2017.

Saat ini proyek residensial The FINE terdapat di Yokohama, Nishinomiya, Osaka, dan Tokyo. Keihan Real Estate Co Ltd berpengalaman membangun kawasan properti yang sinergis dengan jalur kereta api yang dioperasikannya, seperti kondominium mewah 45 lantai The FINE - Umeda Tomosaki di Osaka serta apartemen The Kyoto Residence di Kyoto. Pengalaman tersebut akan bermanfaat bagi Jababeka karena proyek golf villa akan terintegrasi dengan pusat transit oriented development (TOD) di CBD Jababeka.

anton c