Edisi 12-09-2018
Sepatu Unik & Inovatif di NYFW 2019


NEW York Fashion Week (NYFW) Spring/Summer 2019 resmi dimulai pada 6 September 2018.

Tidak hanya menyajikan busana sping/summer , perhelatan fashion prestisius ini juga menampilkan sepatu inovatif dan unik dari berbagai label fashion ternama. Label fashion yang menghadirkan koleksi sepatu unik salah satunya Ralph Lauren.

Beragam pilihan boots , seperti ankle boots dan cowboy boots , ditampilkan dalam warna cokelat. Ornamen animal print motif macan tutul dan bordiran bunga menambah kesan unik.

“Chunky shoes warna hijau marun yang dikombinasikan dengan kaus kaki abu-abu menjadi pilihan yang sayang untuk dilewatkan,” ujar Justine Carreon, Fashion Editor Elle.com. Sama seperti Ralph Lauren, Jeremy Scott juga menampilkan sepatu boots . Namun, kali ini Jeremy lebih memilihthigh high boots.

Terdapat dua tipe gaya koleksi sepatu yang dihadirkan Jeremy kali ini, yakni glamor dan sporty . Thigh high boots bergaya glamor lebih menampilkan kilauan manik-manik perak. Sementara thigh high boots bergaya sporty lebih mengedepankan desain yang terinspirasi motor cross boots .

“Perpaduan warna pop, seperti kuning, biru, dan pink , membuat sepatu ini tampak colorful ,” ujar Carreon. Sementara itu , Tom Ford lebih memilih sepatu bergaya konservatif. Pilihannya jatuh pada sepatu bergaya cutaway arch shoes dengan ujung depan yang runcing.

Di koleksi sepatu spring/summer ini , Tom memilih dua warna , yakni warna terang yang diwakili biru langit dan warna gelap yang diwakili abu-abu. Aksentuasi diberikan Tom dalam warna emas yang ditempatkan di hak sepatu dan ujung depan sepatu.

Adapun Monse kembali membawa tren PVC ke kancah fashion 2019. Kali ini Monse menawarkan open toe shoes yang mengombinasikan PVC dengan ribbon silk yang memberi kesan anggun.

Jika ingin tampil lebih berani tetapi santai, Monse menghadirkan chunky sandals berwarna gelap. Ornamen serabut kain kombinasi warna hitam dan putih menjadikan alas kaki ini kental dengan kesan resort look yang trendi.

Kesan muda dan ceria ditampilkan Tory Burch melalui alas kaki dengan paduan warna cerah. Pilihannya kali ini jatuh pada snekaers bertali yang memadukan warna putih dan biru. “Ada pula ankle boots bertekstur anyaman yang menggunakan gradasi oranye dan cokelat,” ujar Carreon.

Sementara itu , kesan glamor ditampilkan Cusnie. Label fashion ini menghadirkan open toe shoes dengan dominasi warna emas. Untuk mendapatkan kesan santai , sandal dengan platform heel dapat menjadi pilihan yang tepat.

Selain menampilkan koleksi sepatu dari label fashion ternama , NYFW Spring/Summer 2019 juga menampilkan koleksi hasil kolaborasi , salah satunya koleksi Brock x Tabitha Simmons. Tabitha Simmons diminta Brock Collection untuk mendesain koleksi kapsul musim semi.

Koleksi ini menghadirkan sepatu jenis mules dengan hiasan bulu dan renda. Pada tahun-tahun sebelumnya, kolaborasi telah dilakukan Manolo Blahnik dengan Carolina Herrera atau Manolo Blahnik dengan Brandon Maxwell.

Tercatat , Anna Sui bekerja sama dengan Bed Stu , sedangkan Christian Louboutin bekerja dengan Jenny Packham untuk menghadirkan koleksi sepatu inovatif. Pada peragaan busana spring/summer 2019 , Naeem Khan berkolaborasi dengan Alexandre Birman.

Keduanya menghadirkan chunky shoes dan mules datar. “Saya mengagumi perhatian rumit Naeem Khan terhadap detail dan kreativitas berkelanjutan yang d ia masukkan ke setiap koleksi. Desainnya sangat hidup dan penuh warna seperti milik saya, jadi sepertinya itu adalah pasangan alami,” kata Birman.

dwi nur ratnaningsih