Edisi 12-09-2018
Desain Rumah Era 1980-an


APA kabar para pembaca sekalian, semoga Anda sehat selalu. Dalam kesempatan kali ini saya mengangkat desain yang dibuat oleh rekan saya, Ken Ridho, untuk rumah di atas lahan 7x15 m2. D

esain rumah ini mengangkat konsep rumah dengan bentuk tahun 80an yang cukup ikonik, karena pada tahun 80an, rumah-rumah yang memiliki gaya arsitektur ‘Spanyol’ merupakan adaptasi dari gaya rumah tersebut.

Di lantai 1 terdapat dua kamar tidur dan di lantai 2 terdapat 1 kamar sehingga total ada 3 kamar. Bila kita perhatikan, kamar tidur utama, yaitu kamar terbesar bisa diletakkan di lantai 2. Namun, tidak menutup kemungkinan kamar di bawah (yang depan) juga bisa dipakai sebagai kamar utama.

Dapur yang terintegrasi dengan ruang makan juga menjadikan rumah ini cukup hemat tempat. Adanya taman belakang tentu merupakan nilai tambah tersendiri. Di lantai 2 terdapat void yang lebar, menjadikan area void ini menambah volume ruang-ruang di sekitarnya.

Ruang-ruang jadi terkesan tinggi dan luas. Bentuk desain rumah yang sederhana dan modern menjadi ciri utama rumah ini, perpaduan warna putih dan elemen lain seperti elemen kayu dan kaca, ditambahkan dengan warna abu-abu secara keseluruhan mencerminkan skema warna desain yang modern dan clean . Semoga desain ini bisa menginspirasi para pembaca sekalian yang memiliki ukuran lahan yang sama. Salam dari Astudio!

Salam dari Astudio,

Probo Hindarto