Edisi 12-09-2018
Dukungan untuk SDGs


PTTEP Indonesia dan Universitas Trisakti Program Pascasarjana MM-Sustainability bekerja sama untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Hal tersebut disampaikan dalam seminar SDGs pada Rabu ( 5 /9) . Seminar di Palembang tersebut merupakan acara ketiga dari seminar berseri di lima kota besar di Indonesia, yang sebelum nya diadakan di Jakarta pada 25 April dan di Makassar pada 25 Juli.

Acara tersebut dibuka Prof Dr Edwar Juliarta SS, Asisten III, mewakili Gubernur Sumatera Selatan, dan dihadiri Dodi Eko Prasetyo ST , Kasubbid Kesejahteraan Sosial Bappeda Sumatera Selatan , sebagai panelis.

Setiap negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), termasuk Indonesia , telah menyepakati komitmen serius global Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals . SDGs terdiri atas 17 tujuan dan 169 target yang membidik berbagai isu pembangunan, mulai kemiskinan hingga kerja sama internasional.

Di Indonesia, implementasi tujuan dan target SDGs di kelompokkan dalam empat pilar, yaitu pilar pembangunan sosial, pilar pembangunan ekonomi, pilar pembangunan lingkungan , dan pilar pembangunan hukum.

“Bagi Indonesia, setiap pelaksanaan agenda pembangunan nasional demi kese jahteraan rakyat adalah kontribusi terhadap implementasi SDGs untuk meningkatkan masyarakat global,” ungkap Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di Gedung Bappenas.

Wujud tertinggi Indonesia dalam pelaksanaan SDGs adalah terbitnya Perpres No 59/2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Berkelanjutan. PTTEP memutuskan bekerja sama dengan Universitas Trisakti MM - Sustainability dengan melakukan pembinaan relasi antarpemangku kepentingan, termasuk pemerintahan, sektor swasta, LSM , dan individu.

General Affairs Manager PTTEP Indonesia Afiat Djajanegara mengatakan, “PTTEP Indonesia akan mengadakan seminar serupa di kota-kota besar Indonesia agar semua pemangku kepentingan dapat saling membantu untuk mencapai SDGs , “ bebernya.

Tri Mumpuni, pendiri Ibeka dan salah satu panelis dalam acara ini , mengatakan, untuk mencapai Sustainable Development Goals , kemitraan semua pelaku pembangunan menjadi syarat mutlak dilakukan. “ Ayo sukseskan SDGs dengan kemitraan , “ ujarnya.

mg1