Edisi 22-09-2018
Lika-Liku Promotor Menggelar Konser


MEWUJUDKAN sebuah konser musik pastinya perlu menempuh jalan panjang. Ada beberapa yang perlu diperhatikan, seperti mengatur jadwal dengan musisi, memilih tempat konser sesuai kebutuhan, mempersiapkan jumlah tiket, dan masih banyak lagi.

Setiap promotor pasti memiliki cara tersendiri untuk bisa menyukseskan konser mereka. Seperti yang dilakukan Kreative Independent Clothing Kommunity (KickFest), sebuah komunitas anak bangsa yang berkonsentrasi di bidang clothing yang kini juga merambah ke dunia musik.

Sejak 2006, KickFest kini hadir menebarkan kecintaan produk dalam negeri mulai dari fashion , musik, kuliner, hingga komunitas. Berikut wawancara dengan Nizal Saphire, Show Director dari Kickfest Malang.

Bagaimana Cara Memilih Tempat Konser?

KickFest telah berjalan kurang lebih 12 tahun dan sudah banyak membuat banyak konser. Entah itu konser bertema (tematik) ataupun sekadar acara musik biasa. Untuk persiapan awal, pastinya kita membutuhkan tim solid dalam memanage acara yang akan digelar.

Tidak sembarang tempat bisa dijadikan tempat konser. Biasanya penyesuaian tempat konser kita melihat dari musisi, berapa banyak audiens yang kira-kira datang. Kapasitas venue yang sudah disurvei akan disesuaikan dengan target audiens yang telah disepakati. Hindari venue yang terlalu dekat dengan rumah ibadah agar tidak mengganggu masyarakat sekitar.

Adakah Keinginan Unik Artis Menjelang Konser?

Mungkin ada yang belum tahu jika membuat konser ada beberapa ketentuan dari setiap artis untuk membuat kerja sama. Hal ini disebut riders , yaitu ketentuan yang harus ada. Seperti Band Navicula, mereka tidak ingin saat hadir di acara tersebut mendapatkan makanan yang berkemasan plastik atau foam . Lain halnya dengan band Mocca, khususnya sang vokalis yang selalu request nasi merah sebagai makanan yang harus disajikan untuknya.

Ada Tidak Artis Yang Sulit Atau Mudah Didatangkan?

Ada saja. Entah karena jadwal padat atau hal lain. Selama pihak promotor seperti KickFest bisa memenuhi kebutuhan artis, pasti mereka bersedia datang. Di samping itu, ada pula nih artis-artis yang mudah diajak berkolaborasi di acara konser musik. Misalnya ketika akan membuat gimmick tertentu di atas panggung. Tapi kita harus koordinasi terlebih dahulu dengan manajer dan tentunya mengetahui mood dari artis itu sendiri.

Bagaimana Cara Agar Konser Musik Berjalan Dengan Sukses?

Pertama sih modal dulu. Setelah itu, lanjutkan langkah-langkah perencanaan konser musik sesuai dengan konsep yang telah disiapkan oleh tim. Lalu langkah terakhir menyebarkan informasi mengenai konser tersebut. Ada banyak publikasi yang KickFest gunakan, mulai dari promosi di media konvensional ataupun digital. Biasanya kita pakai buzzer, media sosial, atau dari official kami maupun sponsor dan talent yang ikut berkontribusi.

NURNAFISAH

GEN SINDO

Politeknik Negeri Jakarta