Edisi 22-09-2018
1001 Cara Demi Dapatkan Tiket


MENONTON konser jadi salah satu aktivitas favorit sebagai salah bentuk apresiasi karya musisi.

Selain sensasi berbeda saat menikmati lagu, melihat penampilan musisi favorit pada saat konser dapat menjadi cara untuk relaksasi dari padat dan jenuhnya aktivitas harian. Hal ini kian menjadi aktivitas favorit kaum muda karena terlihat dari semakin banyaknya konser digelar di Indonesia.

Tidak hanya dari musisi dari dalam negeri, musisi kenamaan dari luar negeri pun turut menggelar konser bagi para penggemarnya di Indonesia. Tahun ini misalnya, sudah ada beberapa musisi seperti The Chainsmoker, Fifth Harmony, The Script, hingga Paramore.

Antusiasme terlihat dari seringnya penjualan tiket yang soldout sehingga banyak dari penggemar lain yang harus gigit jari karena tidak dapat menonton konser yang mereka idamkan.

Sebenarnya, banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat menonton konser seperti membeli tiket langsung ke venue acara, memesannya terlebih dahulu melalui aplikasi atau website secara online agar tidak kehabisan tiket. Hal itu juga dilakukan Clarisa Dewi, runner up ajang pencarian bakat X Factor Indonesia 2015 .

Terkadang ia pun memilih meminta bantuan temannya untuk mencarikan tiket konser yang ia inginkan. Pernah juga ia kehabisan tiket. Pemilik single lagu Mengarah Padamu ini kurang beruntung untuk mendapatkan tiket konser musisi favoritnya, Ed Sheraan.

"Pengin nonton tapi cepat banget habisnya. Akhirnya enggak nonton deh," papar cewek berusia 22 tahun ini. Berbeda dengan Devano Danendra, ia yang mengaku sangat menyukai grup musik Kahitna. Devano selalu mengikuti penampilan musisi favoritnya.

Ia akan berusaha mencari informasi cara pembelian tiket setelah promotor mengumumkan akan ada penampilan live musisi kesukaannya. "Setelah ada info dari promotor, biasanya aku langsung cari info pembelian tiketnya.

Jadi, enggak pernah kehabisan tiket deh," ucap putra penyanyi dangdut ini. Suasana megah dan juga grande menjadi alasan pendukung bagi para fans untuk rela datang dan antre demi melihat penampilan artis favorit.

Oleh karena itu, persiapan yang matang perlu dilakukan agar menonton konser jadi nyaman dan mood tidak rusak.

Pilih Tampil Kasual

Hal lain yang harus dipersiapkan selain tiket adalah barang yang akan dibawa dan juga penampilan. Umumnya, tampil beda saat menonton konser dipilih karena dapat membuat seseorang terlihat keren dan bergaya selama acara konser.

Namun, lain halnya dengan pendapat Clarisa dan Devano. Mereka berdua sepakat tampil kasual, enggak ribet dan cenderung apa adanya untuk menikmati acara musik secara live karena mementingkan kenyamanan saat berada di sekitar orang yang banyak.

Clarisa sendiri memiliki tips berpakaian saat menonton konser. "Celana panjang sama atasan yang nyaman. Soalnya kan enggak tau ya situasi di tempat konser, kadang ada yang outdoor dan panas, berdesakdesakan. Ada juga yang dingin gitu semisal di indoor , jadi pakai celana panjang tuh paling aman sih," paparnya.

Untuk Devano sendiri, ia memiliki tips senada. "Lebih suka memakai jaket celana dan sepatu," ujarnya. Clarisa dan Devano juga membagikan tips bagi pembaca setia GEN SINDO yang akan menonton konser dalam waktu dekat. "Yang penting jangan pakai yang ribet-ribet .

Pakai tas yang ringan, simpel, bawa barang seperlunya saja. Nyaman tapi stylish , beli tiket jauh-jauh hari biar enggak buruburu. Bawa air minum dari rumah, pastikan hati-hati dengan bawaan seperti ponsel, dompet, dan perhiasan," saran Clarisa. Menonton konser apalagi dari musisi favorit termasuk hal yang perlu dilakukan setidaknya sekali.

Persiapan harus dilakukan secara matang, tidak harus rumit karena meski dikemas sederhana, namun akan dapat membuat nyaman saat menonton konser. Kenyamanan adalah hal yang utama agar kesan indah akan selalu dapat teringat.

WIDANIA ALIFA

GEN SINDO

UIN Syarief Hidayatullah Jakarta