Edisi 22-09-2018
5 Konser Top Pemecah Sejarah


BERIKUT 5 konser musik yang telah mencatatkan diri di dalam sejarah musik dengan penonton terbanyak. Cekidot!

Konser The Rolling Stones

Sebagian para pendengar musik sejati, pasti tidak asing dengan band The Rolling Stone. Band terkenal asal Amerika ini menggelar konser musik bertajuk The Bigger Bang Tour ini yang diadakan pada 21 Agustus 2007-26 Agustus 2007 dan tidak tanggung-tanggung jumlah total penonton yang hadir mencapai 4.680.000 orang. Konser The Bigger Bang Tour mampu mencatatkan diri di sejarah musik dunia hanya dalam 5 hari.

Konser U2

Lagi dan lagi, band asal Irlandia, U2 kembali mengadakan konser yang spektakuler. Lantaran konser yang bertajuk Vertigo Tour mampu menyedot penonton hingga 4.619.021 orang. Konser ini dihelat pada 28 Maret 2005-9 Desember 2006.

Namun ada hal menarik yang dilakukan oleh MCD Productions sebagai promotor tur yang mampu membangun panggung terbesar yang dilakukan di stadion dengan struktur yang unik dan asli. Konser menampilkan band U2 untuk bernyanyi bersama di panggung yang melingkar sehingga memungkinkan penonton untuk mengelilingi mereka di semua sisi.

Konser Slank

Para Slankers pasti tahu dong konser ulang tahun yang ke- 30 Slank? Konser ini digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta pada tahun 2013. Tercatat sekitar 30.000 orang hadir untuk bernyanyi dan bergoyang bersama. Usut punya usut, pihak kepolisian juga mengirimkan 2.559 personel untuk menjaga ketertiban dari konser ulang tahun ke-30 Slank.

Selain itu, konser ini berbeda dengan konser yang lainnya karena ada hal yang unik dan terekam sebagai momen spesial yang tak dilupakan, yaitu tiup lilin. Dan saat membawakan kue tart berwarna cokelat itu, hadir dari sisi panggung serta keluarga personel pun ikut hadir di tengah-tengah konser tersebut. Meskipun saat itu hujan turun membasahi tubuh penonton, lagu Nggak Ada Matinya seketika hadir menghangatkan suasana.

Konser Sheila On 7

Pernah menjadi pemuja rahasia? Barangkali di antara kita pernah mengalaminya. Salah satu judul lagu favorit yang dibawakan oleh band Sheila On 7 ini mampu menarik para Sheilagank, pendengar setia Sheila On 7. Mereka memadati area panggung utama Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) pada 2017.

PRSU selaku promotor tidak menyangka bahwa adanya SO7, singkatan dari Sheila On 7 ini mampu menyedot perhatian para Sheilagank mencapai 25.000 orang. Pekan Raya mulai menggetarkan Sumatera Utara ketika SO7 membawakan lagu Melompat Lebih Tinggi , lantaran seluruh pagar yang membatasi penonton pun bergetar dan para penonton mulai bernyanyi bersama dan melompat-lompat.

Konser Efek Rumah Kaca

Efek Rumah Kaca disambut oleh warga Semarang saat tur mereka dalam menggemakan Sinestesia kepada pendengar. Dalam Sinestesia ini disajikan oleh ERK secara full seat . Selain itu, ERK berkolaborasi dengan orkestra lokal Semarang, yakni Cognatio Orkest serta dipadukan dengan musikalisasi puisi oleh petani kendeng sehingga menambah suasana konser semakin bermakna. Pada konser ini sekitar 1.200 tiket habis terjual. Promotor Sinestesia sukses menghantarkan pesan dengan konser tunggal ERK dengan ibu-ibu petani kendeng pada saat kondisi yang mem prihatin kan yang sedang dialaminya.

AHMAD RIFAI

GEN SINDO

Universitas Mercu Buana