Edisi 08-10-2018
Istri Perdana Menteri Israel Diadili Kasus Penipuan


TEL AVIV - Istri Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu, Sara, hadir di pengadilan, kemarin, untuk pemeriksaan pertama kasus penipuan yang melibatkannya.

Sara dituduh menyalah guna kan dana negara dalam kasus pemesanan makanan katering. Menurut dakwaan yang di aju - kan pada Juni lalu, Sara Ne ta - nyahu bersama seorang pega - wai pemerintah dituduh me ne - ri ma dana dari negara sebesar lebih USD100.000 untuk ratus - an paket makanan yang disuplai sejumlah restoran sehingga me - langgar regulasi, yang melarang praktik itu jika seorang juru ma - sak dipekerjakan di rumah. Sara Netanyahu menyang - kal bahwa tindakannya itu sa - lah. Dia didakwa pada Juni lalu dengan kasus penipuan dan pe - langgaran kepercayaan serta pe nipuan dalam penerimaan ba rang. Jika terbukti bersalah, Sara dapat menghadapi hu - kum an penjara lima tahun. Dia tampak tegang saat masuk ke ruang pengadilan, kemarin.

Dia tidak ber ko men - tar pada para jurnalis dan duduk di bangku belakang para penga - ca ra nya. Media Israel mela por - kan sesi sidang akan menangani masalah prosedural. Pengacara Sara membantah dakwaan yang diajukan pada klien nya karena regulasi untuk pemesanan makanan secara legal tidak sah dan seorang pe ga - wai rumah tangga meminta ma - kanan itu meski diprotes Sara. “Jika kita menunjukkan buk ti, saya yakin Yang Mulia mung kin tertawa,” kata seorang pengacara Sara, Yossi Cohen, pada saat sidang di pengadilan. PM Netanyahu juga terlilit beberapa investigasi korupsi.

Dia menganggap berbagai tu duhan pada istrinya itu tidak memiliki bukti kuat. Sara, 59, te lah sering men jadi berita uta ma di berbagai media massa atas reputasinya yang dianggap ang kuh. Pada 2017, keluarga Ne ta - nyahu memenangkan gugatan pencemaran nama baik ter ha - dap seorang jurnalis Israel yang menyatakan Sara pernah me - nen dang suaminya hingga ke - luar dari mobil saat ber tengkar. Pada 2016, pengadilan te na - ga kerja Yerusalem menetapkan bahwa Sara menghina dan me - marahi pegawai rumah tangga di kediaman resmi PM. Tampak nya proses hukum yang kini dijalani Sara tidak akan banyak merusak citra politik suaminya yang saat ini menjadi PM Israel untuk keempat kali dan unggul dalam berbagai survei meski ada tuduhan korupsi padanya.

Netanyahu menuduh media Israel memiliki motif politik untuk mengincar dia dan istri - nya. Tuduhan itu pun men ja di - kan Netanyahu meraih basis du - kungan kubu sayap kanan yang setia padanya. Pemilu Israel selanjutnya akan digelar pada November 2019, tapi para pengamat politik memprediksi pemilu akan di percepat dengan sejumlah per timbangan.

Syarifudin