Edisi 08-10-2018
The Citizens Kukuh di Puncak


LIVERPOOL – Pep Guardiola lega. Walaupun tidak memetik poin penuh, satu angka yang dikantongi Manchester City (Man City) di kandang Liverpool, Anfield, tadi malam, mengukuhkan pasukannya di puncak klasemen sementara Liga Primer dengan koleksi 20 poin.

Namun, tabungan The Citizens–julukan Man City- sama dengan perolehan Chel sea yang duduk di tangga ke dua klasemen, dan Liverpool di peringkat ketiga. “Inilah yang saya kagumi dari kom petisi (Liga Primer), selalu se ngit,” ungkap Guardiola. The Citizens memperoleh peluang emas setelah wasit Martin Atkinson menunjuk titik putih lantaran pe lang - garan terhadap Leroy Sane. Sayang Riyad Mahrez yang bertugas sebagai eksekutor gagal melakukan tugasnya. Pada laga Liga Primer lain - nya, Chelsea meraih keme - nang an setelah melindas Southam pton 3-0 di St Mary’s Stadium tadi malam.

Pelatih The Blues—ju lukan Chelsea—Maurizio Sarri menurunkan armada terbaiknya sejak awal laga. Namun kebuntuan baru pecah di menit ke-30, tepatnya melalui gol Eden Hazard. Setelah turun minum, Chel - sea kembali tampil menggedor. Hasilnya pada menit ke-57 mereka menggandakan keung gulan melalui Ross Barkley. Jelang laga berakhir Alvaro Morata menegaskan dominasi tim sang tamu. Skor 3-0 bertahan hingga peluit akhir dibunyikan wasit Craig Pawso. Selepas laga, Sarri mengaku puas dengan performa Hazard dkk. “Tapi kalau kita bicara tim sebagai kandidat juara (Liga Primer) ini belum cukup. Ba nyak yang harus kami perbaiki,” ujar Italiano berusia 59 tahun tersebut kepada BBC.

Di Craven Cottage, Arsenal berpesta gol ke gawang Fulham lewat kemenangan 5-1 tadi malam. Berkat hasil positif ini The Gunners—jululkan Arsenal—naik ke peringkat ke - empat klasemen sementara dengan koleksi 18 poin. “Saya tidak akan terburu-buru untuk berbicara mengakhiri kompetisi di lima besar,” ujar sang nakhoda Unai Emery seperti di - lansir Telegraph. “Ini hasil yang menarik. Tapi saya rasa ini bu - kan (penampilan) yang terbaik, kami bisa lebih bagus dari ini,” imbuhnya. Aroma kemenangan Arsenal sudah tercium saat Alexandre Lacazette mencetak gol pem - buka The Gunners pada menit ke-29.

Namun Fulham meres - pons satu menit sebelum per - tandingan babak pertama se - lesai. Adalah Andre Schurrle yang mampu mencetak gol pe - nyeimbang di pertandingan ini. Skor 1-1 bertahan hingga in ter - val pertama usai. Di babak kedua, pasukan Unai Emery kian tampil im - presif. Empat gol tambahan ter - cipta melalui aksi yang dicetak Lacazette (49’), Aaron Ramsey (67’), dan Pierre-Emerick Au ba - meyang (79’-90’). Bagi Laca - zette, sumbangan dua golnya ke gawang Fulham telah mem - barui catatan golnya di semua kompetisi musim ini menjadi 14 gol dan 4 assist . Tak hanya penyerang asal Prancis itu saja yang menorehkan prestasi di pertandingan ini.

Ramsey juga membukukan rekor baru sebagai pencetak gol tercepat (39 detik) sebagai pemain peng ganti Arsenal sejak Desember 2007 (Nicklas Bendtner vs Totten ham Hotspur, 35 detik). “Ketika kami mencetak gol per tama, itulah momentum kemenangan kami. Tim lebih percaya diri. Kami bekerja keras di babak kedua untuk meraih hasil ini,” ungkap Emery.

Hanna/sindonews