Edisi 08-10-2018
Figur Kunci Daerah Mulai Deklarasikan Jokowi-KMA


SURABAYA –Dukungan kepada pasangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin (Jokowi-KMA) terus bertambah. Sejumlah tokoh kunci dari berbagai daerah di Indonesia mulai membentuk tim relawan untuk memenangkan Jokowi-KMA di daerah masing-masing.

Di Jawa Timur misalnya Re la - wan Pakde Karwo (RPK) men de - kla rasikan Jokowi-KMA dari Pak de Karwo (Jowo) ke ma rin. Ra tusan orang menghadiri acara deklarasi tersebut, di an taranya mantan Gubernur Ja wa Timur Imam Utomo dan Ketua Tim Pe - menangan Daerah (TKD) pa sa - ng an Jokowi-KMA Jawa Timur Irjen Pol (Purn) Mach fud Arifin. “Semua relawan Pakde Kar wo se-Jatim sudah sepakat dan bu lat akan memenangkan pa sangan Pak Jokowi-KH Ma’ruf Amin dalam pilpres nanti, khu sus nya di Jatim,” kata Koor di nator RPK Martono seusai me resmikan Rumah Pemenangan Jowo (Jokowi-KH Ma’ruf Amin-Pakde Karwo) di Jalan Jawa kemarin.

Menurut Martono, langkah pemenangan RPK ini sudah sepengetahuan Pakde Kar wo— panggilan akrab Guber nur Ja wa Timur Soekarwo. Bah kan diri nya juga menda pat kan izin untuk se - gera men deklarasikan dukungan ini se hingga semua elemen RPK di se luruh Jawa Ti mur segera ber - gerak untuk me menangkan Jo - kowi-KH Ma’ruf Amin di Ja tim. “Pakde belum bisa gabung hari ini dikarenakan masih di - nas sebagai gubernur Jatim. Nanti setelah purna pada bulan Februari 2019, Pakde akan tu - run langsung. Sekarang hanya bi sa memberi saran dan ma suk - an ke kami untuk peme na ng an Pak Jokowi di Jatim,” katanya.

Rencana Soekarwo untuk bergabung dengan Jokowi ten - tu menjadi pilihan berani. Pa - salnya DPP Partai Demokrat tempat dia bernaung telah ber - gabung dengan Prabowo-San - diaga Uno. Partai Demokrat me - n jadi partai koalisi peng usung pasangan nomor 02 ber sama PKS, Gerindra, dan PAN. Sementara itu Imam Uto mo mengatakan, Soekarwo me mi li ki basis massa cukup be sar dan tersebar di seluruh Jawa Timur. Me reka inilah yang akan berge rak dan ikut me me nang kan Jo kowi- Ma’ruf. “Dukung an RPK akan men jadi kekuatan tersen di ri. Se - bab seluruh ele men pen dukung Soekarwo akan bergerak secara sistematis dan masif un tuk Jo ko - wi-Ma’ruf,” katanya.

Di Sumatera Selatan, Gu ber - nur Sumatera Selatan (Sum sel) Herman Deru dan man tan gu - bernur dua periode Alex Nurdin memastikan du ku ngannya un - tuk pasangan Jo kowi-KMA. Ke - pastian du ku ngan kedua tokoh Sumsel ter sebut diketahui da lam Deklarasi Galang Kemajuan (GK) Jokowi-Sumsel di Hotel Zu ri, Palembang, kemarin. Dalam deklarasi yang di hadiri ribuan orang itu, Her man De ru meminta semua pi hak un tuk mengesampingkan per be da an demi kemenangan Joko wi- KMA. “Saya, Pak Alex Nur din, dan warga Sumsel ber satu un tuk Jokowi-Ma’ruf Amin,” ujar nya dalam kete ra ng an pers yang diterima KORAN SINDO .

Herman Deru dan Alex Nur - din menyatakan kesiapannya memenangkan Jokowi di Sum - sel. Apalagi Alex Noerdin telah ditunjuk sebagai Ketua Tim Kam panye Daerah Sumsel Jo - kowi-KMA. Direktur Relawan TKN Jokowi-KMA Maman Ima nulhaq mengatakan, si ner - gi antara Herman Deru dan Alex Nurdin menjadi kekuatan dah - syat di Sumsel. Alex Nurdin di - ketahui punya pengaruh be sar karena pernah menjadi gu - bernur Sumsel dua periode dan sebelumnya menjadi bupati. Sementara Herman Deru sebelum terpilih menjadi gu ber nur Sumsel pada Pilkada 2018 pernah menjadi bupati Ogan Ko mering Ulu Timur 2 se la ma dua periode, 2005-2010 dan 2010- 2015.

Bers a tu nya Herman Deru dan Alex Nur din menjadi menarik kare na pada Pilkada Sumsel 2018, kedua tokoh ini berseberangan. Alex Noerdin me nyokong anak nya, Dodi Reza Alex, yang di kalahkan Herman Deru.

abdul rochim/inews