Edisi 11-10-2018
Paspor Jepang Kini Terkuat di Dunia


SINGAPURA – Jepang mengalahkan Singapura sebagai paspor terkuat di dunia. Jepang menempati peringkat pun cak dalam Indeks Paspor Hen ley 2018.

Daftar itu disusun oleh firma penasihat residen si dan kewarganegaraan Hen ley & Partners. Setelah memperoleh akses be bas visa ke Myanmar awal bu lan ini, Jepang sekarang me - nik mati akses bebas visa atau visa on arrival ke 190 tujuan, di - bandingkan Singapura hanya 189 tujuan. Perkembangan itu menempatkan Singapura pada peringkat kedua dalam indeks tersebut. “Jepang dan Singapura saing mengungguli sejak ke duanya berada di peringkat per tama pada Februari,” papar per - nyataan Henley & Partners. Jerman turun dari peringkat kedua dengan menempati po sisi ketiga bersama Korea Selatan (Korsel) dan Prancis.

Den mark, Finlandia, Italia, Swe dia, dan Spanyol, menem - pati peringkat keempat, dengan 187 tujuan yang dapat di - ak ses warganya. Adapun Amerika Serikat (AS) dan Inggris turun pering - kat dari posisi keempat ke pering kat lima. “Dengan aktivi tas visa ke - luar yang stagnan di ban dingkan negara-negara Asia, se per - ti Jepang, Singa pu ra, dan Korsel, sulit bagi AS dan Inggris mem pertahankan po si si nomor satu yang mereka pe gang pada 2015,” ungkap per nya ta - an Henley & Partners. Irak dan Afghanistan me - nem pati posisi terbawah da - lam indeks tersebut dengan ha - nya 30 tujuan yang dapat diak - ses warganya.

Indeks Paspor Henley ini membuat peringkat untuk semua paspor di dunia menurut jumlah negara yang dapat diakses pemegangnya un tuk perjalanan bebas visa. “Ranking itu terus diper barui secara real time saat dan keti ka ada perubahan kebijakan visa yang mulai berlaku,” papar keterangan Henley & Partners. Ranking ini berdasarkan data dari Asosiasi Transportasi Uda ra Internasional dan se - jum lah riset. Peringkat lainnya yang dirilis pada Oktober ta - hun lalu oleh firma penasihat ke uangan global Arton Capital me nyebut Singapura sebagai satu-satunya paspor paling kuat di dunia.

Syarifudin






Berita Lainnya...