Edisi 11-10-2018
Taman Indonesia Kaya Semarang Resmi Dibuka


SEMARANG – Taman Indonesia Kaya di Semarang, Jawa Tengah, resmi dibuka tadi malam.

Taman yang dahulu dikenal sebagai Taman KB di Jalan Menteri Soepeno tersebut telah dipugar dan dilengkapi fasilitas-fasilitas baru yang dapat menunjang aktivitas masyarakat di sekitar taman. Taman persembahan Pemkot Semarang dan Bakti Budaya Djarum Foundation ini me rupakan taman dengan panggung seni pertunjukan terbuka perta ma di Jateng sebagai wadah ekspresi para seniman dan pekerja seni. Groundbreaking Taman Indonesia Kaya ini dila kukan pada 1 November 2017. “Di ha rapkan, Taman Indo ne - sia Kaya ini dapat me num buh kan lebih banyak lagi se ni man di Jawa Tengah yang akan ber kontri busi kepada dunia industri krea tif di Indonesia,” ucap President Director Djarum Foun dation Victor Rachmat Hartono.

Peresmian lokasi ini dita ndai penekanan tombol dan pe - nandatanganan prasasti oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi didampingi Wakil Wali Kota Hevearita G Rahayu, Vic - tor, dan Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Re - nitasari Adrian. Taman seluas 5.000 meter persegi ini memberikan warna baru bagi Kota Semarang dan dapat menjadi rumah bagi para seniman Jateng untuk meng ge - lar berbagai kegiatan seni bu da - ya.

“Diharapkan, para komunitas seni maupun para pekerja seni di Jawa Tengah akan lebih terinspirasi dan terdorong un - tuk menciptakan karya-karya baru dalam mengembangkan seni budaya Jawa Tengah se - hingga dapat lebih dikenal dan mampu bersaing di dunia seni pertunjukan Indonesia bahkan internasional,” ujar Hendrar. Taman Indonesia Kaya me - miliki beberapa fasilitas pe nun - jang seperti Panggung Budaya dengan dua sisi. Sisi pertama dapat digunakan untuk pe men - tasan dengan kapasitas ± 200 orang.

Sementara sisi kedua dapat me nam pung ± 800 orang. Taman ini juga dilengkapi Ta man Pandawa Lima yang dibuat Komroden Haro, Pela tar - an Penikmat Seni, Amphitheater, Area Hijau, Gerbang Mural kar ya lima seniman muda Sema rang (Puthut Aldoko Wilis, Arief Hadinata, Azis Wi caksono, Gu ruh Indra W, dan Mu - ham mad So’if). Pelataran Pe - nikmat Seni Amphitheater ber - kapasitas 1.000 pengunjung dileng kapi sarana pen du kung pert unjukan seperti ruang ganti pe nampil dengan pen dingin rua ngan serta toilet umum dan disabilitas.

“Lima tahun lalu, kami me - resmikan Galeri In do nesia Kaya di Jakarta. Ga leri itu telah me nyelenggarakan lebih dari 1.500 pertunjukan seni. Hari ini kami meresmikan Taman Indonesia Kaya di Semarang juga untuk men du kung aktivitas seni bu da ya lokal di Jawa Te ngah dan di Indonesia,” tambah Renitasari.

Pertunjukan pertama di - rencanakan akan diadakan pada 27 Oktober mendatang, yang akan diisi seniman senior Indonesia, yaitu Butet Ker taradjasa, Agus Noor, Djaduk Ferianto, Cak Lontong, Prie GS, Sruti Respati, dan seniman-se - niman asal Semarang, Jogja, Solo, dan Kudus akan turut me - ramaikan pementasan perdana di Panggung Budaya Taman Indonesia Kaya.

Hendri irawan/ antoni