Edisi 11-10-2018
10 Pertimbangan Memilih Maskapai Penerbangan


Banyaknya pilihan moda transportasi membuat konsumen harus jeli memilih sarana terbaik. Termasuk juga dalam memilih maskapai penerbangan.

Berikut 10 pertimbangan saat memilih maskapai penerbangan versi survei Litbang KORAN SINDO.

HARGA
Dulu pesawat terbang dikenal sebagai moda transportasi berbiaya tinggi. Namun, saat ini banyak maskapai penerbangan menawarkan harga kompetitif. Kondisi ini tentu sangat menguntungkan bagi konsumen. Untuk mendapatkan harga terbaik, konsumen biasa mengawalinya dengan melakukan survei melalui aplikasi internet.

FASILITAS
Fasilitas yang disediakan suatu maskapai akan menjadi daya tarik bagi konsumen. Terlebih ketika harga yang ditawarkan sangat kompetitif sehingga konsumen dapat menyesuaikan dengan budget yang tersedia

KENYAMANAN SAAT TERBANG
Bagi beberapa orang yang takut ketinggian, bepergian dengan menggunakan pesawat akan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Terlebih di saat pesawat take off, landing dan menghadapi turbulensi di tengah jalan. Namun beberapa maskapai mampu menawarkan sebaliknya dengan menghadirkan pilot mumpun sehingga para penumpang tetap merasa nyaman.

KEAMANAN
Keamanan pesawat juga menjadi faktor yang menjadi pertimbangan konsumen. Kualitas mesin pesawat, pemeliharaan pesawat hingga penjagaan barangbarang di bagasi dan kabin merupakan beberapa hal yang menjadi perhatian para calon konsumen.

PELAYANAN YANG RAMAH DARI KRU
Kru pesawat diwajibkan untuk memiliki sikap ramah dan tak segan untuk membantu setiap penumpang. Hal ini dilakukan sebagai bentuk servis yang baik untuk memuaskan para penumpang. Pramugari yang ramah membuat penumpang percaya dan senang untuk kembali menggunakan maskapai tersebut.

TRACK RECORD PENERBANGAN
Track record sebuah maskapai penerbangan juga menjadi hal yang turut diperhatikan oleh masyarakat. Meski beberapa orang kerap luput menyoroti hal ini, tapi ini menjadi hal penting. Masyarakat kini juga sudah bisa memberi penilaian secara langsung setelah merasakan terbang dengan sebuah maskapai penerbangan

KUALITAS MAKANAN YANG DISAJIKAN
Pesawat yang melayani penerbangan jauh akan menyajikan makanan bagi para konsumennya. Kebersihan dan cita rasa makanan yang disajikan nyatanya juga menjadi pertimbangan saat penumpang memilih maskapai penerbangan

KETEPATAN WAKTU
Beberapa maskapai penerbangan kerap menunda waktu keberangkatan. Jika hal itu terjadi tanpa alasan jelas, maka sudah barang tentu para penumpang akan dibuat kesal. Kementrian Perhubungan menjadikan indikator ini dalam mengukur kualitas pelayanan sebuah maskapai penerbangan.

KEBERSIHAN KABIN MASKAPAI
Satu pesawat bisa diterbangkan dua hingga tiga kali dalam satu hari sesuai dengan rutenya. Keadaan tersebut membuat pesawat dibersihkan hanya pada saat penumpang sudah turun dari pesawat. Itu juga terkadang pesawat harus kembali siap untuk terbang lagi. Masalah kebersihan kabin pesawat jadi sedikit terbengkalai atau kurang bersih. Hal ini membuat penumpang tidak nyaman.

PENGHARGAAN YANG DITERIMA MASKAPAI PENERBANGAN
Di era modern dan semakin terbuka ini, penumpang bisa dengan mudah memberikan penilaian pada sebuah maskapai. Banyak hal yang bisa dinilai oleh penumpang, mulai dari ketepatan waktu, kenyamanan penumpang, kebersihan kabin dan lain sebagainya.


PRODUSEN PESAWAT KOMERSIAL DI DUNIA

Airbus (Prancis/Eropa)
Airbus S.A.S. adalah produsen pesawat komersial berbasis di Toulouse, Prancis. Airbus Industrie mulai sebagai konsorsium perusahaaan penerbangan Eropa untuk menandingi perusahaan Amerika seperti Boeing dan McDonnell Douglas. Dibentuk pada tahun 1970 setelah adanya persetujuan antara Aerospatiale (Perancis) dan Deutsche Aerospace (Jerman) (disusul oleh CASA (Spanyol)

Boeing (Amerika Serikat)
Sebuah perusahaan pembuat pesawat dan aeroangkasa, bermarkas di Chicago, Illinois, Amerika Serikat dengan fasilitas produksi terbesarnya di Everett, Washington, dekat Seattle, Washington. Boeing didirikan oleh William Edward Boeing, seorang yang awalnya adalah pebisnis dan penebang kayu sukses.

Sukhoi (Rusia)
Perusahaan pembuat pesawat tempur militer Rusia. Perusahaan ini didirikan oleh Pavel Sukhoi pada tahun 1939 dengan nama Biro Desain Sukhoi atau dikenal dengan OKB-51, sekarang ini dikenal dengan nama Sukhoi Corporation. Salah satu produk andalan Sukhoi untuk pesawat komersial adalah Sukhoi Superjet 100 dengan kapasitas 75-95 tempat duduk dan jarak jelajah 3.000-4.500 kilometer

Embraer (Brasil)
Embraer ( Empresa Brasileira de Aeronáutica, S. A/ Brazilian Aeronautics Company, Inc.), adalah sebuah perusahaan yang memproduksi pesawat komersial, militer, dan eksekutif dan menyediakan layanan kedirgantaraan. Produk pertama dari perusahaan ini adalah pesawat transport turboprop, Embraer EMB 110 Bandeirante dan Embraer 190 (berkapasitas 100 penumpang).

Bombardier (Kanada)
Bombardier merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Montreal. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1942 di Valcourt, Quebec, Kanada. Salah satu produk andalannya untuk pesawat komersial adalah Bombardier Global Express.

Fokker (Belanda)
Perusahaan penerbangan komersial ini didirikan pada 21 Juli 1919 oleh Anthony Fokker (1890–1939), salah seorang penjelajah penerbangan dunia. Pesawat yang diproduksi Fokker di antaranya F27, F28, F50, F70, F90 dan F100 dan berkapasitas antara 85-122 penumpang.

Ilyushin (Rusia)
Industri pesawat Rusia yang didirikan oleh Sergey Vladimirovich Ilyushin. Ilyushin dibentuk di bawah Uni Soviet dan pelaksanaannya dimulai pada tahun 1933. Salah satu pesawat komersial andalannya yakni Ilyushin Il-96 dengan kapasitas penumpang 235-300 penumpang.

ATR (Prancis/Italia)
Perusahaan pesawat terbang buatan Prancis-Italia yang didirikan pada 1981. Pesawat ini terdiri dari 2 produk ialah ATR 42 dan ATR 72.








Berita Lainnya...