Edisi 11-10-2018
Terbuai Alunan Musik di Perdesaan India


Bagi sebagian besar orang terutama pencinta musik, mendengarkan musik bisa membangkit kan semangat, kebahagiaan, dan ketenangan.

Hal itu pula dirasakan Subrata Dutta, Presiden Asia Pasifik dan Timur Tengah Samsonite International S.A. Pria berdarah India ini mengaku senang mendengarkan semua jenis musik mulai dari musik India, lagu pop berbahasa Inggris, hingga musik dan lagu China.

“Menurut saya, musik di Asia ini bagus-bagus. Saya juga suka lagu pop China. Walaupun tidak paham kata-katanya, tapi saya suka irama musiknya,” ungkapnya. Pria yang juga hobi membaca buku itu menceritakan pengalamannya berkesan saat berkunjung ke sebuah desa di India.

Di sana, Subrata menghabiskan waktu cukup lama duduk bersama folk singer dan mendengarkan mereka bernyanyi. Dia mengaku sangat menikmati momen itu. “Saya sangat terkesan dengan kecintaan mereka terhadap musik,” ucapnya.

Subrata lantas bertanya kepada penyanyi laki-laki tentang hal-hal dilakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Subrata mengira laki-laki itu akan menjawab bertani atau bercocok tanam, tapi di luar dugaan jawabannya hanya bermusik dan bernyanyi.

“Laki-laki ini sangat bahagia dengan musiknya. Jadi, saat ada yang bertanya apa yang anda lakukan dalam hidup? Dia mengacu kepada apa yang dia suka lakukan, yaitu bermusik,” tuturnya. Terlahir sebagai orang India, Subrata menaruh hormat dan kagum kepada sosok karismatik Mahatma Gandhi.

Dia selalu percaya pada filosofi Gandhi yang berhasil mewujudkan kebebasan dan kemerdekaan dengan jalan damai tanpa senjata. “Saya terkesan dengan yang dilakukan Gandhi dan berharap bisa mempraktikkannya dalam hidup saya,” katanya.

Sebagai salah satu pimpinan di Samsonite, Subrata tentu memiliki banyak anak buah. Untuk membangun semangat timnya, dia mulai dengan memotivasi dirinya sendiri dan berlaku adil kepada semua anggota tim atau karyawan.

“Saya rasa, kita tidak perlu melakukan sesuatu untuk memotivasi orang karena motivasi terbaik itu datang dari diri sendiri. Aspek terpenting adalah memastikan lingkungan kerja fair, fun, dan free. Maka, semua orang pasti akan merasa ter moti vasi,” ujarnya.

inda susanti