Edisi 11-10-2018
Samsung Bangun Kelas Berbasis Teknologi di Papua


SAMSUNG Electronics Indonesia bersama Wahana Visi Indonesia (WVI) resmi bekerja sama mendirikan Samsung Smart Learning Class (SSLC) di Sekolah Dasar Yayasan Pendidikan Kristen (SD YPK) Waupnor di Kota Biak, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Pada awal tahun 2018 ini, sebelumnya Samsung telah memperkenalkan program kepedulian untuk kemajuan dunia pendidikan bertema “Edukasi Awal Inspirasi”. Ini merupakan sebuah inisiasi kepada para guru dan murid dalam mengoptimalkan teknologi untuk memberikan pengalaman belajar mengajar yang lebih inovatif, kreatif, menarik, dan menyenangkan.

Harapannya bisa menginspirasi para murid untuk mengejar mimpi dan cita-cita. “Program SSLC adalah salah satu bentuk komitmen kami dalam berkontribusi pada pendidikan di Indonesia.

Kami yakin bahwa teknologi digital bisa meningkatkan efektivitas kegiatan belajar karena dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan mendorong keingintahuan bagi siswa serta membantu guru mulai dari mencari materi ajar maupun dijadikan alat peraga yang lebih interaktif,” kata Vice President Samsung Electronics Indonesia Kang Hyun Lee.

Ia menjelaskan, dengan fasilitas ruang kelas berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang didukung dengan perangkat digital, rangkaian program seputar SSLC tidak hanya menargetkan siswa namun juga guru, orang tua, pemerintah daerah, dan komu nitaskomunitas untuk bisa memanfaatkan teknologi.

“Kami berharap SSLC di Biak ini dapat bermanfaat tidak hanya untuk siswa di SD YPK Waupnor saja, tapi juga sekolah di sekelilingnya dan masyara kat luas lainnya,” kata Hyun Lee.

Fasilitas SSLC dan programprogramnya merupakan bentuk dukungan Samsung terhadap poin ke-6 dalam rencana pembangunan Presiden Joko Widodo dan telah hadir di lima sekolah, yaitu SMA Negeri Unggulan MH Thamrin Jakarta, SMA Pangudi Luhur Jakarta, Brawijaya Smart School Malang, SMA Plus Negeri 17 Palembang, dan SMA Islam Al- Azhar 12 Makassar.

“Kami menghargai upaya siapa pun yang ingin terlibat ber sama-sama pemerintah memajukan pendidikan di kawasan 3T. Kehadiran Samsung yang membantu mengenalkan teknologi informasi diharapkan bisa lebih cepat memacu perkembangan pendidikan di Biak dan wilayah lainnya,” tutur Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

iman firmansyah