Edisi 11-10-2018
Di Indonesia Honda Rebel Paling Favorit


PT Astra Honda Motor (AHM) kian serius menggarap segmen big bike di Tanah Air.

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya mengungkapkan, pasar big bike cukup menarik selama tiga tahun terakhir. “Kami punya beragam produk big bike di Indonesia, ada Gold Wing, CRF1000L Africa Twin Adventure, CB650F, Rebel dan lainnya,” kata Thomas di booth Honda Intermot 2018 , pekan lalu.

Menurut Thomas, Honda Rebel masih menjadi favorit untuk big bike Honda di Indonesia. “Kalau kami menjual 500 unit setahun misalnya, Rebel mencapai 60 persen,” tegasnya. Pembeli big bike Honda sebagian besar dari kalangan mapan berusia di atas 40 tahun.

“Kebanyakan yang sudah punya mobil. Itu profil pembeli Rebel,” imbuhnya. AHM, dia menyebutkan, secara resmi memasarkan Honda Gold Wing yang merupakan salah satu varian tertinggi dari motor global Honda.

Model terbaru dari Honda Gold Wing yang mengusung konsep The Honda Premium Tourer. Di Intermot 2018, Honda Gold Wing juga menjadi salah satu daya tarik booth Honda.

Desain big bike ini memadukan kenyamanan pada desain, fitur canggih berlimpah yang mendukung kesenangan berkendara, dan juga performa tinggi. Berbagai perpaduan sempurna tersebut dirangkai secara keseluruhan dari sisi desain, mesin, sasis, suspensi, dan platform elektronik.

Honda Gold Wing memiliki karakter yang lebih sport y yang ditunjukkan melalui bentuk bodi lebih tajam sehingga meningkatkan efisiensi aerodinamika secara signifikan. Tempat duduk Honda Gold Wing terpisah antara pengendara dan pembonceng.

Jok didesain nyaman dan suportif saat pengendara melakukan manuver. Honda Gold Wing memiliki fitur canggih dan bergengsi sepeti sistem throttle-by-wire (TBW) yang memiliki 4 mode riding (Tour, Sport, Econ, dan Rain), Honda Selectable Torque Control (HSTC), hill start assist , dan sistem cruise-control yang dapat disetel untuk kenyamanan maksimal pengendaranya.

AHM juga sudah merilis Honda CRF1000L Africa Twin Adventure Sports pada Agustus 2018 silam. Nah, di Intermot 2018 , motor bergenre adventure ini mendapatkan penyegaran warna dan striping .

Honda CRF1000L Africa Twin Adventure Sports hadir dengan pembaruan di berbagai sektor yang membuat sepeda motor sport ini semakin nyaman dikendarai di jalan tanah, t o uring jarak jauh, bahkan makin lincah dikendarai di jalan perkotaan.

“Untuk motor adventure baru berkembang tiga tahun terakhir. Kami punya CRF250 Rally, ada juga Africa Twin Adventure Sports untuk segmen premium,” papar Thomas.

Honda CRF1000L Africa Twin Adventure Sports mengusung mesin yang ringan tapi bertenaga, dengan konfigurasi parallel twin-cylinder berpendingan cairan yang sudah terbukti ketangguhannya.

Sasis dipertahankan untuk kelincahan bertualang di medan on road maupun offroad , baik digunakan menyeberang antarbenua maupun berkendara di perkotaan.

Honda CRF1000L Africa Twin didukung teknologi throttle by wire untuk mengatur tingkat kepresisian tenaga yang dikeluarkan serta pilihan riding mode yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengendaranya.

Motor ini dilengkapi sistem dual clutch transmission (DCT) yang memudahkan pemilihan mode manual ataupun otomatis saat pengendara melakukan perpindahan gigi transmisi. Big bike adventure Honda ini menjadi pilihan yang tepat untuk melintasi jalanan di berbagai medan.

Sistem DCT memudahkan pengendara memilih mode manual atau otomatis melalui tombol di sisi kiri setang. Mode D menawarkan keseimbangan terbaik antara konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara, sementara mode S memberikan tambahan performa sport dengan tiga pilihan dari S1, S2 dan S3.

Ada “G switch” untuk penggunaan kopling dan fluktuasi tenaga saat berjalan pada RPM rendah. Saat tombol “G” ini dimatikan, pengiriman tenaga akan lebih lembut. DCT juga mendeteksi kondisi menanjak sehingga mampu menghambat RPM tinggi saat memindah gigi naik.

Kebalikannya, saat jalan menurun, downshifts terjadi lebih awal untuk memungkinkan pengereman mesin (engine brake ) lebih baik. Di Indonesia, AHM memasarkan Honda CRF1000L Africa Twin melalui tiga pilihan.

Tipe standar dan DCT ditawarkan dengan warna kombinasi merah dan putih (victory red ). Adapun tipe adventure sports memiliki satu pilihan warna, yakni tricolor, kombinasi merah, putih, dan biru.

anton c