Edisi 11-10-2018
Jenis Trigeminal Neuralgia


BEBERAPA tanda dan gejala yang sering muncul pada pasien dengan trigeminal neuralgia meliputi; nyeri baik yang bersifat ringan hingga berat.

Umumnya rasa nyeri yang dirasakan pasien seperti nyeri sengatan listrik, dan sering datang secara tiba-tiba. Bisa juga nyeri spontan yang dipicu oleh hal-hal kecil, seperti menyentuh wajah, mengunyah, berbicara atau saat sedang menggosok gigi.

Rasa nyeri bisa berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit. “Pada kondisi yang berat, nyeri hadir setiap saat, bahkan hingga berbulan-bulan yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan penderitanya,” kata dr Mahdian Nur Nasution SpBS, pakar nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta.

Nyeri trigeminal terjadi ketika ada kontak antara pembuluh darah arteri atau vena dengan saraf trigeminal. Kontak inilah yang kemudian menekan saraf dan menyebabkan gangguan fungsi.

Ada beberapa pembagian jenis trigeminal neuralgia dan nyeri yang umumnya muncul pada pasien. Pada trigeminal neuralgia tipe 1 (klasik) nyeri umumnya terjadi secara spontan dengan durasi nyeri umumnya episodic.

Sementara trigeminal neuralgia tipe 2 (atipikal) nyeri datang secara spontan dengan durasi nyeri yang terjadi konstan (terus menerus). Pada tipe trigeminal tipe 3 (injury) kondisi ini terjadi oleh karena trauma ataupun bekas operasi sinus. “Pada tipe 3 ini sering dikira sakit gigi ,akhirnya pasien mencabut giginya tapi tetap saja masih nyeri,” kata dr Mahdian.

(sri noviarni)