Edisi 11-10-2018
Kreasi Cita Rasa New Zealand


SELANDIA Baru terkenal dengan bahan makanan yang segar, mulai dari buah-buahan, produk susu, sampai daging sapi.

Bagaimana jika kesemuanya dikreasikan menjadi masakan? Chef William Gozali, alumni dari Master Chef Indonesia, berbagi resepnya. Dalam sebuah cooking demo saat acara “Taste New Zealand” di Jakarta belum lama ini, Chef William mempraktikkan dua menu menggunakan bahan segar dari Selandia Baru.

Pertama ada menu cream garlic NZ greenshell mussels yang menggunakan bahan utama kerang hijau dari Selandia Baru. Sajian ini dimasak menggunakan tambahan penyedap butter, bawang, parsley, bahan dairy seperti cooking cream, garam, serta white wine yang ikut mengeluarkan rasa.

Menurut Chef William, salah satu ciri masakan Selandia Baru, semuanya memakai wine dan cream . “Hampir di setiap makanan ada wine dan cream . Ini juga yang menonjolkan bahan utamanya, seperti di sini kita pakai kerang hijau dan daging sapinya.

Wine memberi ekstra aroma dan asam,” sebutnya. Resep yang kedua adalah NZ beef tenderloin steak with garlic . Di sini Chef William menggunakan roti, bawang putih, butter , garam, rempah thyme, parsley yang juga bisa ditukar dengan rosemary, selain utamanya menggu nakan daging sapi bagian tenderloin.

Teknik masak yang digunakan untuk memasak dagingnya adalah pan sear sekitar semenit tiap sisi hingga warnanya kecokelatan. Lalu tuang butter dan daun thyme agar lebih aromatik.

Sebagai side dish, Anda bisa menambahkan massed potato yang bisa dibeli dalam bentuk yang tinggal dimasak, kemudian bisa langsung menambahkan air agar saat dimasak tidak berkerak dan gosong.

Selanjutnya garlic bread dibuat dengan mengoleskan roti dengan butter yang ditambah kan cincangan kasar bawang putih. Selain dua menu yang dibuat Chef William, pada saat pameran, juga tersedia menu makanan khas Selandia Baru, seperti stafing bread.

Makanan ini adalah roti tawar yang diolah lagi dengan cara dihancurkan, lalu dicampur dengan daging ayam, buah pala atau pengganti manisan, bawang bombai, wortel, serta tambahan kacang almond.

Produk Selandia Baru terkenal dari sisi natural fresh dan food safety sangat diperhatikan, dipilih benarbenar, dari buah, dengan standar tinggi, BPOM, garansi untuk para consumers, nutrisi yang dibutuhkan, dan ada kombinasi dengan teknologi.

Diana Permana, Komisioner Perdagangan Selandia Baru untuk Indonesia, mengungkapkan Taste New Zealand diselenggarakan untuk memberikan informasi seputar produk makanan dari Selandia Baru kepada pelaku usaha di bidang makanan serta para media.

Karena itu, berbagi pengetahuan akan bahan pangan Selandia Baru yang terkenal kesegaran dan kualitasnya. “Konsumen saat ini menuntut lebih dalam hal kualitas, keamanan, dan yang paling penting adalah rasa.

Produsen makanan Selandia Baru berkomitmen untuk memberikan pilihan lebih banyak lagi kepada konsumen Indonesia mereka telah berkembang dari produsen makanan terpercaya hingga saat ini menjadi inovator teknologi pangan, yang memperlebar peluang untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia,” sebut Diana Permana.

Acara tersebut menghadirkan beberapa brand terkenal asal Selandia Baru, seperti Airborne Honey, Zespri yang merupakan pemasar buah kiwi terbesar di dunia. Lalu ada Fonterra, pemimpin global dalam inovasi susu, dan masih banyak lagi.

dyah ayu Pamela