Edisi 12-10-2018
Disambut Langsung Putin, Khabib Pulang Bak Pahlawan


ULYANOVSK – Khabib Nurmagomedov, 30, juara kelas ringan Ultimate Fighting Championship (UFC) asal Dagestan, Rusia sedang menjadi sorotan dunia.

Kehebatannya di atas ring dan aksinya melabrak pelatih jujitsu McGregor, Dilon Denis, di T-Mobile Arena, Octagon, Las Vegas, Minggu (7/10), banyak dipuja-puja meski tak sedikit yang mencela. Namun, kepulanganya ke Rusia awal pekan ini mendapat sambutan luar biasa dari warga. Dia dieluelukan bak pahlawan yang baru saja memenangi peperangan besar. Di Stadion Anzhi-Arena, Dagestan, Senin (8/10), dia mendapat sam butan sangat meriah. Sorak-sorai penonton begitu riuh ketika Khabib mengangkat sabuk UFC. Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh fansnya yang sudah men dukungnya selama me lawan McGregor di AS. Bahkan Rabu (10/10), Khabib diterima langsung oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pertemuan ini tepat dua hari se telah dia mendapatkan ucapan selamat melalui sambungan telepon tersebut. Keduanya bertatap muka di sela-sela forum olahraga di Kota Ulyanovsk. Ayah Khabib yang juga pelatihnya, Abdulmanap, turut menyertainya. Pertemuan terse but menegaskan dukungan Putin terhadap Khabib Nur magomedov yang berhasil mempertahankan gelar juara kelas ringan UFC. Dia mengalahkan Conor McGregor dalam UFC 229, Minggu (7/10). Pertarungan antara Khabib dan McGregor menarik banyak perhatian karena diwarnai konflik, mulai penghinaan hingga pemukulan di luar per tandingan. Meski dicemooh oleh McGregor dan pendukungnya, pegulat asal Dagestan itu disambut bak pahlawan saat meng injakkan kaki di Rusia awal pekan ini.

Karier Khabib sebagai pegulat UFC sedang diper ta ruhkan. Dia terancam dikeluarkan dari UFC setelah memukul pelatih jujitsu McGregor, Dilon Denis, karena tersinggung setelah agama, ayah, dan nega ranya dihina. Seperti dilansir RT, McGregor juga menghina Kha bib hingga menyebut ayahnya seorang teroris. Sesaat setelah Khabib memu kul Denis, sepupunya, Abubakar, juga dipukul McGregor. Abubakar kemudian memukul balik. McGregor diserang dua rekan Khabib, yakni Zubaira Tukhugov dan Esed Emiragaev. Zubaira Tukhugov merupakan pegu lat asal Chechen yang akan bertanding pada 27 Oktober nanti. Meski dilakukan demi membela dirinya, Abdulmanap tidak mem benarkan tindakan Khabib.

Dia berharap anaknya tetap dapat menahan diri dan akan menghukumnya dengan sanksi yang keras. Namun, Putin meminta Abdulmanap agar tidak menghukum Nurmagomedov yang sudah berjuang sangat keras di atas ring. “Saya akan meminta ayahmu agar tidak menghukummu terlalu keras karena kamu menyelesaikan tugasmu dengan baik,” kata Putin. Di tengah sorotan dunia, Kha bib sejatinya atlet yang rendah hati. Dia keras dan disiplin di atas ring. Namun, Khabib menyim pan rasa kemanusiaan yang tinggi. Sikap disiplin, spor tif, dan bertanggung jawab inilah yang dia pegang sejak kecil. Prinsip Khabib ini setidak nya terlihat selama konferensi pers saat bertemu Putin. Ke pada pu lik, Khabib men yam paikan permintaan maafnya.

Dia meng aku kehilangan ken dali diri ka re na terpancing pro vokasi yang dibombardir tim McGregor. Putin pun mengaku me maha mi situasi yang dihadapi Khabib. Menurutnya, siapa pun akan melompati pagar dan menyerang balik seperti Nur ma gomedov jika agama, orang tua, dan negaranya direndahkan, se kalipun atlet dituntut untuk ber sikap disiplin dan meng - hargai orang lain, sebab atlet juga manusia. Meski sudah meminta maaf kepada semua pihak, Khabib tetap mendapatkan kecaman dari beberapa pihak atas ke kerasan yang dilakukannya. Bah - kan, Presiden UFC Dana White mengungkapkan bahwa petarung berusia 30 tahun itu da - pat dijatuhi hukuman berupa den da dan suspensi.

Gelar juara nya juga dapat dicabut. Menurut White, Khabib Nurmagomedov seharusnya dapat menahan emosi di atas ring. Lantaran tak mampu me ngendalikan emosinya itulah, seusai ber tanding Khabib tidak me ne rima sabuk juara seperti se harusnya atas alasan keamanan. “Jika kami langsung mem be rikan sabuk juara kepadanya, penonton akan menyerang atau melemparinya dengan semua ben da ke Octagon,” imbuh White. Khabib mempertanyakan ke pu tusan UFC yang mem batal kan pertarungan sau da ranya, Zubaira Tukhugov dan hen dak memecatnya karena ter libat kericuhan akhir pekan lalu. Khabib menyatakan tidak se tuju dan meminta agar hu kuman itu dijatuhkan kepada diri nya.

“Kenapa kalian meng hu kum tim kami ketika kedua tim bertengkar. Jika kalian mengira saya yang memulai, saya tidak se tuju. Saya hanya menye le sai kan apa yang dimulai McGregor. Hukumlah saya saja. Zubaira tidak ada kaitannya dengan kasus ini. Jika kalian pikir saya akan diam, kalian salah,” ujarnya di Instagram kemarin. Menurut dia, Zubaira memu kul McGregor karena Mc - Gregor memukul saudaranya. Peristiwa itu pun dikuatkan dalam rekaman video. Ikatan ke keluargaan mereka sangat kuat. Jika Zubaira dipecat, Kha bib juga meminta surat peme cat an dirinya dan akan me re lakan semua uang kontrak yang pernah disepakati. “Kami akan mem pertahankan saudara ka mi dan semua kehormatan yang kami junjung tinggi,” ujarnya. “Kenapa kalian tidak me mecat tim McGregor ketika bus kami diserang hingga melukai beberapa orang? Kenapa tidak ada yang berani berbicara ketika negara, agama, dan keluarga ka - mi dihina?” tambahnya.

Pejuang Keras

Nurmagomedov meraih kesuk sesan di cabang gulat setelah melalui perjuangan keras dan pan jang. Sebagai anak yang ter lahir dari bangsa Avar di Desa Sildi, Distrik Tsumandisky, Dages tan, Rusia, dia sangat senang ber gulat. Ayahnya yang juga seorang pegulat dan tentara melatihnya sejak berusia sembilan tahun. Khabib kecil bahkan berlatih ber tarung melawan beruang sebelum tumbuh menjadi juara. Dia juga berlatih hampir setiap ha ri di rumahnya. Gulat menjadi bagian dari kehidupan keluarganya. Saudara ayahnya juga merupakan juara dunia Sambo pada 1992. Adapun paman dari pihak ibunya pegulat ter - sohor Rusia.

“Saat masih bayi, Khabib Nurmagomedov belajar berjalan di atas matras gulat,” ujar Abdulmanap, dilansir blood yelbow.com. Abdulmanap menilai hal yang dilakukan Khabib seperti ke bia saan seorang anak yang selalu ingin menunjukkan ke mampuan nya di hadapan ayah nya. Ab dulmanap merupakan pegulat profesional yang ber hasil mendidik banyak pegulat hebat. Perjuangan keras Khabib juga dikuatkan dengan beredarnya video berisi “perta ru ngannya” dengan beruang. Meski direkam pada 1997, video pertarungan antara Khabib dan seekor beruang baru menarik banyak per hatian pada zaman sekarang. Di kalangan Mixed Mar - tial Arts (MMA), Khabib di kenal sebagai pegulat tangguh dari pegu nu ng an Rusia. Tanpa di - duga, beruang itu sekarang menjadi maskot pri badinya di UFC. Apa yang dilakukan Khabib me rupakan hal biasa di ha dapan masyarakat Dagestan.

Mayo ritas anak-anak di negara bagian Rusia yang kuat dengan tra disi Islamnya ini dilatih men jadi petarung hebat dan kuat. “Saya kira setiap laki-laki harus siap menghadapi ke - mung kin an pe rang, sekalipun sedang da mai. Topik itu sering diper bin cangkan di sini,” kata Abdul manap. Pengamat Kaukasus Utara, Joan na Paraszczuk, mengatakan atlet terkenal dari Dagestan biasanya diterima dengan lapang dada oleh mayoritas masyarakat Rusia, terutama jika patriotismenya tinggi. Selain Khabib, atlet muslim Rusia lainnya yang sukses ialah Beslan Mudranov dan Abdulrashid Sadulaev.

“Sadulaev sering di juluki ‘tank Rusia’ oleh media Rusia,” kata Paraszczuk. Namun, kehadiran Khabib kini meningkatkan kebanggaan warga Rusia dan kepercayaan terhadap kekuatan masyarakat Dagestan. Dia menjadi sangat terkenal setelah mengalahkan McGregor dan kemudian beberapa kali menjadi topik unggulan di berbagai surat kabar.

Muh shamil






Berita Lainnya...