Edisi 12-10-2018
Eks Wali Kota Serang Diperiksa Bawaslu


SERANG –Mantan Wali Kota Serang Tubagus Haerul Jaman diperiksa oleh Bawaslu Banten terkait dugaan pelanggaran pemilu.

Saat ini Jaman menjadi calon anggota legislatif (caleg) DPR dari Partai Golkar. Selain Jaman, Bawaslu memeriksa calon anggota DPD Andiara Aprilia Hikmat, yang merupakan anak mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan Jaman lantaran hadir dalam forum rapat kerja (raker) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Serang. Komisioner Bawaslu Banten Abdul Munir mengatakan, peme riksaan Jaman karena du gaan pelanggaran pemilu berupa ajakan di Forum Apdesi pada Senin (24/9) lalu. Bawaslu juga akan memeriksa Santibi selaku ketua Apdesi Kabupaten Serang, untuk dimintai keterangan terkait kehadiran caleg di Forum Apdesi.

Menanggapi ini, Jaman mem bantah telah mengoor dinasi kepala desa untuk ber kampanye di Forum Apdesi sehingga menjadikan dirinya harus ber urusan dengan Bawaslu. Kapasitas Jaman saat itu se bagai dewan pembina Apdesi untuk menjadi pembicara se ka ligus memberi arahan pada kepala desa. “Ngasih arahan, motivasi dengan mengajak pengurus supaya bersinergi dengan pe merin tah daerah. Raker Apdesi juga harus menghasilkan se suatu sekaligus mengembangkan Apdesi, itu saja,” ujar Jaman se - usai diperiksa di kantor Bawaslu Banten, Kota Serang, beberapa waktu lalu. Menurut dia, tidak ada aja - kan dan nada kampanye terkait st atusnya sebagai caleg.

“Enggak memperkenalkan diri se ba - gai caleg. Mereka sudah pada tahu. Saya hanya menyam pai - kan dan mengajak sama-sama saling mendoakan agar harapan kita bersama dapat tercapai,” ucapnya. Sementara itu, berbagai span duk alat peraga kampanye (APK) caleg bertebaran di jalan protokol Kota Serang. Penga mat me nilai Bawaslu tidak berani menindak tegas caleg nakal. Gam bar caleg bentuk span duk hing ga billboard menjulang tinggi di jalan-jalan pro to kol.

Teguh mahardika

Berita Lainnya...