Edisi 12-10-2018
Sistem Pemerintahan Unik di Dunia yang Jarang Diketahui


Orang membutuhkan ketertiban, kedamaian, dan kemakmuran. Dalam konteks inilah pemerintah hadir. Namun setiap orang memiliki gagasan berbeda tentang sistem pemerintahan ideal.

Hari ini demokrasi berdiri tegak sebagai bentuk pemerintahan paling populer. Padahal di luar demokrasi ada banyak sistem pemerintahan. Berikut sejumlah jenis pemerintahan unik yang mungkin jarang diketahui.

1. Anarcho-capitalism
Anarko-kapitalisme berjalan di sekolah pemikiran anarkis, yang menganjurkan penghapusan negara dan aturan pasar yang benar-benar bebas. Sistem pemerintahan ini percaya hukum-hukum alam ekonomi akan bekerja tanpa perlu campur tangan pemerintah.

2. Stratocracy
Stratocracy adalah bentuk pemerintahan yang sepenuhnya diperintah oleh militer. Tidak seperti kediktatoran militer di mana kekuatan mereka tidak berasal dari hukum, dalam sebuah stratokrasi, kekuatan pemerintah militer berasal dari hukum.

3. Timocracy
Sebagai bagian dari lima rezim Plato, Timokrasi menempatkan properti sebagai nilai tertinggi dan memiliki prajurit atau prajurit yang mencari kebaikan rakyat. Biasanya, para pemimpin ini "bersemangat tinggi" tetapi berpikiran sederhana.

4. Theocracy
Pemerintahan yang dijalankan oleh Tuhan di bawah pengawasan para imam. Sejarawan Yahudi Flavius Josephus mencetuskan istilah itu dalam upaya untuk menjelaskan sistem politik Yahudi pada masanya bagi para pembaca non-Yahudi.

5. Electocracy
Elektokrasi mungkin terdengar seperti cara lain untuk menerapkan demokrasi, tetapi mereka berbeda. Elektokrasi memungkinkan orang memilih pemerintah mereka tetapi tidak mengizinkan mereka untuk memiliki suara dalam proses politik atau pengambilan keputusan di sepanjang jalan.

6. Noocracy
Pertama kali dikemukakan oleh Teilhard de Chardin, Noocracy adalah bentuk pemerintahan futuristik di mana kombinasi pikiran biologis dan buatan mengatur dunia, sejenis otak pemerintah jika Anda mau. Melalui jaringan informasi, pikiran utama ini akan memimpin melalui kecerdasan.

7. Netocracy
Dengan multimedia dan internet, Alexander Bard mengemukakan gagasan Netocracy, sebuah dunia yang dijalankan oleh jaringan interaktif. Dengan mengendalikan jaringan, Anda memperoleh kekuasaan dan kontrol atas pemerintah, orang, dan kebijakan.

8. Liquid Democracy
Liquid Democracy (demokrasi cair) adalah kombinasi dari demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan dan memungkinkan semua orang untuk memilih semua masalah atau memilih delegasi untuk memilih atas nama mereka. Di masa lalu, sistem ini tidak akan mudah diterapkan, tetapi dengan keuntungan internet, orang-orang percaya mungkin sekarang bisa berfungsi.

9. Distributism
Berbeda dengan komunisme yang menempatkan kekayaan di tangan negara, dan kapitalisme yang menempatkan kekayaan di tangan oligarki, distributism berfokus pada meletakkan kekayaan, kekuasaan, dan properti di tangan semua manusia dengan memberi setiap orang sarana untuk berhasil.

10. Ergatocracy
Mirip dengan Komunisme dalam beberapa hal, sebuah Ergatokrasi adalah pemerintah yang secara sengaja diperintah oleh kelas pekerja masyarakat.


NEGARA DENGAN PEMERINTAHAN TERBAIK

1. Finlandia
Peringkat pertama ditempati oleh Finlandia. Negara ini mampu naik empat peringkat dari tahun lalu. Perdana Menteri Finlandia bernama Juha Sipila.

2. Selandia Baru
Selandia Baru menempati peringkat kedua dalam hal kualitas pemerintahan selama dua tahun berturut-turut. Negara ini juga mampu mencetak nilai yang baik pada indeks penilaian pasar, kebebasan berpendapat hingga hubungan masyarakat.

3. Norwegia
Negara Skandinavia satu ini mampu duduk di peringkat tertinggi dibanding indeks penilaian lainnya. Gedung parlemen Norwegia diberi nama The Stortinget atau berarti Dewan Agung.

4. Belanda
Parlemen Belanda merupakan markas dari 150 organisasi internasional. Salah satu organisasi internasional yang bermarkas di sini adalah International Criminal Court.

5. Swedia
Swedia turun satu peringkat dalam kualitas pemerintahannya. Walau begitu, negara ini masih dinilai memiliki sistem pemerintahan terbaik di dunia.

6. Swiss
Negara republik federal ini memiliki kualitas pendidikan yang baik. Namun bukan hanya itu, Swiss juga terkenal dengan sistem pemerintahan yang baik. Parlemen Swiss terdiri dari 246 anggota yang keseluruhannya dipilih oleh rakyat.

Sumber: business insider








Berita Lainnya...