Edisi 12-10-2018
Diperlukan Kreativitas Pemimpin


DALE Carnegie Indonesia, lembaga pelatihan untuk pengembangan kompetensi bisnis berorientasi manusia, menggelar kegiatan tahunan Learning Day 2018 bertema “Uncovering Leadership Blind Spots”.

Fokusnya membahas tentang “titik buta” seorang pemimpin dan bagaimana pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan atau organisasi. Kegiatan ini diikuti para pemimpin perusahaan dan praktisi sumber daya manusia.

“Kebanyakan pemimpin percaya bahwa mereka sudah cukup kompeten dalam memimpin perusahaan atau organisasinya. Padahal, terdapat beberapa perilaku yang tanpa disadari berdampak negatif bagi orang yang mereka pimpin, inilah yang disebut ‘titik buta’.

Dale Carnegie sebagai thought leader menginisiasi Global Leadership Study untuk membantu pemimpin perusahaan maupun organisasi dalam mengidentifikasi ëtitik butaí dan memberikan solusi efektif untuk mengatasinya,” tutur Joshua Siregar, Director National Marketing Dale Carnegie Indonesia.

Bahkan, survei menunjukkan 11% karyawan di Indonesia merasa atasan mereka jarang atau tidak pernah bersikap jujur dan dapat dipercaya oleh orang lain. “Minimnya angka pemimpin yang konsisten terhadap perilaku jujur akan memengaruhi kinerja karyawan.

Para pemimpin sebaiknya mengetahui dan mengatasi titik-titik buta mereka. Dengan begitu, karyawan akan merasa termotivasi dan terinspirasi dengan pekerjaan mereka sehingga berkeinginan untuk melakukan upaya terbaik guna mencapai tujuan perusahaan atau organisasinya,” tutur Stephen Siregar, Area Director Dale Carnegie Indonesia.

mg4