Edisi 14-10-2018
Emil Lepas Penerbangan Perdana Jamaah Umrah


MAJALENGKA– Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas jamaah umrah dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka, kemarin.

Momen ini sekaligus menandai bahwa BIJB resmi melayani penerbangan internasional sejak diresmikan pada 24 Mei lalu. ”Hari ini saya bahagia karena akhirnya bandara baru dan cukup nyaman ini bisa memberangkatkan jamaah umrah.

Kita akan menerbangkan jamaah umrah dari Ciayumajakuning dan sekitarnya melalui Bandara Kertajati,” tutur Ridwan dalam keterangan persnya, kemarin. Menurut Emil––sapaan akrab Ridwan––, Pemprov Jabar sebagai pemegang saham terbesar Bandara Kertajati memiliki tugas memaksimalkan potensi bandara.

Diketahui, sejak beroperasi, bandara ini baru melayani satu penerbangan domestik rute Surabaya–Kertajati dan sebaliknya dengan maskapai Citilink. Dengan adanya penerbangan Kertajati–Madinah, rute penerbangan Bandara Kertajati diharapkan lebih atraktif, baik rute domestik maupun internasional.

”Saya sebagai Gubernur Jawa Barat yang baru tentunya memiliki tugas untuk lebih mengembangkan potensi yang dimiliki BIJB Kertajati Majalengka sehingga ke depan BIJB bisa menjadi bandara yang besar karena potensi marketnya cukup besar,” tegasnya.

Sementara Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra menjelaskan, pengajuan slot penerbangan umrah dari Bandara Kertajati sebenarnya tiga kali dalam sepekan. Namun, untuk tes market, penerbangan diujicobakan sepekan sekali.

Ke depan, secara bertahap, penerbangan Bandara Kertajati- Madinah akan bertambah seiring peningkatan market penumpang. ”Kita lihat dulu kondisi pasar di mana kita coba seminggu sekali. Lion Air sendiri mengatakan sehari sekali. Tapi kalau saya harapannya malah sehari tiga kali,” tandas Virda.

agung bakti sarasa