Edisi 16-10-2018
Foto Portrait Satu Badan dan Setengah Badan


DALAMsetiap ke sempatan berkumpul bersama teman dan keluarga, tentu kita ingin pertemuan ter sebut diabadikan da lam jepretan foto grup maupun foto portrait yang indah.

Umumnya kita se ring memotret seka darnya menggunakan kamera smartphone tanpa memperhatikan komposisi framing foto yang diambil. Selain karena kamera smartphone tidak di dukung fitur optical zoom pada lensanya, minimnya pen ca - hayaan flash juga membatasi kele lua saan kita mencari komposisi dan framing yang optimal. Jika menggunakan kamera digital dengan fitur optical zoom pada lensa dan flash yang memadai, kita bisa mengambil foto portrait yang menarik dengan komposisi satu badan dan setengah badan. Berikut beberapa hal yang dapat membantu kita mendapatkan foto portrait satu badan dan setengah badan yang indah dan menarik.

1. Pastikan kita memotret dari jarak jauh menggunakan fitur optical zoom pada lensa atau lensa telefoto di atas 50 mm jika menggunakan kamera DSLR atau Mirrorless. Memotret dengan lensa sudut lebar/wide angle akan membuat subjek kita terlihat gemuk dan melebar akibat distorsi lensa.

2. Gunakan bukaan lebar agar subjek foto tampak terpisah dari latar belakang/ back ground foto. Pada contoh foto ini, pemotretan diambil dengan bukaan f/2,8.

3. Jika pemotretan dilakukan dengan memanfaatkan cahaya alami/available light, usahakan subjek mendapatkan pencahayaan yang tidak terlalu keras dari arah samping.

4. Untuk memberikan efek agar subjek terlihat lebih tinggi, posisikan kamera sedikit lebih rendah (low angle) , tetapi tetap menjaga agar posisi wajah subjek tidak terlihat terlalu menunduk saat melihat ke arah kamera.

5. Untuk mendapatkan ekspresi yang lebih kuat dari wajah subjek foto, gunakan kom po sisi setengah badan. Sedangkan untuk mendapatkan detail busana yang dikenakan subjek, gunakan komposisi foto satu badan. Yang perlu diperhatikan dalam membidik komposisi satu badan adalah jangan sampai ada anggota tubuh yang terpotong oleh frame bidikan. Sering kali tanpa sadar kita memotong bagian kaki subjek foto saat memotret foto satu badan.

Selamat mencoba!