Edisi 17-10-2018
Taklukkan Bollywood


Wajahnya tak ubahnya wanita India, padahal Jacqueline Fernandez berasal dari Sri Lanka. Kerja keras dan disiplin membuatnya sukses menaklukkan industri film Bollywood.

Jacqueline Fernandez adalah salah satu aktris Bollywood dengan banyak penggemar. Tapi jangan salah, wanita dengan tinggi 170 sentimeter berambut panjang dengan senyum nan memikat ini justru menawarkan kecantikan wanita Sri Lanka. Ya, dia adalah pemenang kontes kecantikan Miss Sri Lanka 2006 dan mewakili negaranya di ajang bergengsi Miss Universe . Jacqueline memainkan beberapa film yang sukses di box office , seperti Housefull 2, Kick, Murder 2, dan Dhisoom dengan deretan pemain papan atas. Sebut saja Salman Khan, Emraan Hashmi, John Abraham, dan Varun Dhawan. Wanita dengan nama panggilan Jacky ini lahir di Manama, Sri Lanka.

Ayahnya bernama Elroy Fernandez seorang musisi. Adapun sang ibu, Kim Fernandez, merupakan seorang pramugari maskapai penerbangan. Sang ibu berasal dari Malaysia. Jacqueline mengenyam pendidikan di Sacred Heart School dan sempat tinggal di Australia untuk meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Di sana ia menyelesaikan studi komunikasi massa di University of Sydney. Sesuai ilmu yang ditekuninya, Jacky sempat meneruskan cita-citanya menjadi reporter yang sekaligus menyambi menjadi model. Ini ia lakukan sebelum memasuki industri perfilman Bollywood.

Karier keartisannya dimulai pada tahun 2009. Saat itu ia tengah menjalankan pekerjaan modeling di India. Sembari bekerja, ia mengambil kelas akting. Dengan percaya diri, ia lalu mencoba ikut audisi untuk film Aladin . Dewi fortuna rupanya berpihak kepada Jacky. Meski sebelumnya tidak pernah berakting di hadapan kamera, ia lolos audisi. Tidak tanggung-tanggung, Jacky berkesempatan bermain satu film dengan aktor legendaris Bollywood, Amitabh Bachchan dan Ritesh Deshmukh. Kendati banyak pihak yang menilai film tersebut kurang laris di pasaran, toh tawaran bermain film mulai berdatangan kepadanya.

Berikutnya, sudah bisa ditebak, Jacqueline terlibat dalam berbagai film yang menjadi hits seperti Race 2 , Murder 2 , Kick , dan Brothers . Dia juga tampil sebagai cameo di film Inggris Mathew dan Definition of Fear . Jacky juga didapuk sebagai model untuk video klip berjudul GF-BF . Untuk diketahui, video ini sudah ditonton jutaan netizen dan mendapat respons yang positif dari penonton. Di samping karier berakting, Jacky ditunjuk sebagai pembawa acara untuk program tari reality show bernama “Jhalak Dakhla Ja 9” bersama Karan Johar, Ganesh Hegde, dan Farah Khan. Jacky mungkin orang asing, tapi yang jelas, dia memiliki nama dan popularitas besar di Bollywood. Publik India nyatanya menyukai sosok karismatik tersebut.

Berbagai pujian dialamatkan kepadanya, baik dari kritikus film maupun audiens di penjuru dunia. Ia memenangi IIFA Award, Stardust Award , dan Filmfare Awards yang membuat kariernya semakin gemilang. Wajah Jacky sudah amat familier bagi masyarakat India. Terlebih, ia menjadi duta untuk banyak brand ternama di negara tersebut maupun negara lain. Antara lain HTC One, menjadi wajah untuk Indian Bridge Fashion Week , dan juru bicara untuk Forevermark Diamonds. Jacky sudah sering menjadi model sampul untuk majalah seperti Vogue, FHM, Womenís Health , dan lain-lainnya. Pemilik kekayaan Rp152 miliar ini mendapat sumber pemasukan baik dari akting maupun modeling.

Belum lagi sejumlah brand yang meng-endorse -nya seperti RMD Board, Sony Ericsson, dan TRESemme. Bukan hanya aktingnya yang selalu ditunggu-tunggu publik. Masyarakat juga haus akan beritaberita yang berhubungan dengan si cantik ini. Terutama yang berkaitan dengan asmara. Jacky dikabarkan memang pernah dekat dengan beberapa pria. Ia pernah berkencan selama tiga tahun dengan Pangeran Bahrain Sheikh Hassan bin Rashid Al Khalifa, sebelum akhirnya melabuhkan hati kepada produser Sajid Khan.

Sayangnya, Sajid terlalu posesif dan dinilai dapat menghambat karier keartisannya. Mereka lalu berpisah. Ia kemudian menemukan belahan hati lainnya, tak lain lawan mainnya sendiri di film A Gentleman, aktor Sidharth Malhotra. Tadinya keakraban keduanya merupakan gimmick untuk film tersebut. Rupanya hubungan mereka terus berlanjut. Kini, Jacky menetapkan hati kepada aktor tampan Salman Khan. Keduanya terlihat bersama sedang menghabiskan waktu berbelanja di Dubai. Pada saat Jacky sibuk berbelanja, Salman dengan sabar menunggu di luar toko sambil bermain ponsel pintarnya. Salman membelikan Jacky sebuah apartemen mewah dengan tiga kamar tidur di Bandra, India.

Bukan hanya itu, Salman juga memberikan mobil sedan Audi yang amat stylish . Wanita yang gemar menyantap masakan Prancis dan menonton film klasik Inggris ini tentu merasa amat dimanjakan dengan segala pemberian dan kasih sayang Salman. Nah yang menarik, meski hampir 10 tahun tinggal di India, pemilik akun Instagram dengan pengikut 13,8 juta orang ini, hingga kini masih terus belajar bahasa Hindi. Ia menyadari diksinya masih amat lemah. Kemampuan berbahasa India tentu amat membantunya ketika syuting film. “Saya sudah belajar Hindi sejak tahun 2009, saya sadar komunikasi itu sangat penting,” katanya dalam suatu kesempatan wawancara.

“Ketika syuting, mengetahui bahasa Hindi tentu lebih memudahkan saya untuk spontan dalam berakting. Saya terus belajar dengan guru bahasa Hindi, termasuk menyanyikan lagu Hindi,” katanya. Jacky menggunakan bahasa Inggris ketika berakting dan itu pun masih terdengar aksennya. Hal ini memang mengundang pertanyaan, kapan ia akan lancar berbahasa Hindi. Ketika launching film Race 3 , banyak awak media yang bertanya kepada sang aktris dengan bahasa Hindi. Ia lalu memilih menjawabnya dengan bahasa Inggris.

Salman Khan yang juga hadir pada kesempatan itu menggodanya dengan mengatakan dalam bahasa Hindi, “Saya menantikan kamu berbahasa Hindi.” Walau belum lancar berbahasa Hindi, toh ia sudah bisa menaklukkan India.

Sri noviarni