Edisi 17-10-2018
Menyimpan Pakaian Agar Selalu Rapi


BERBEDA dengan walk in closet yang bersifat khusus, wardrobe umumnya merupakan bagian dari kamar tidur. Wardrobe bisa bersifat fleksibel atau permanen. Memilihnya pun perlu pertimbangan yang cermat.

Dalam tatanan kamar tidur, terdapat beberapa perlengkapan furnitur yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas di kamar tidur. Selain ranjang sebagai furnitur utama, sebuah kamar tidur kerap dilengkapi meja rias, meja samping, bench , dan lemari pakaian sebagai area penyimpanan. Lemari pakaian termasuk jenis furnitur yang cukup penting. Bayangkan, akan disimpan di mana koleksi pakaian dan aksesori jika tidak terdapat lemari atau wardrobe ?

“Istilah sederhana untuk wardrobe adalah lemari pakaian. Selain bisa menjadi bagian dari walk in closet, wardrobe merupakan salah satu furnitur pelengkap di kamar tidur. Wardrobe juga bisa ditempatkan antara ruang tidur dan kamar mandi sebagai partisi,” ungkap desain interior Farissa Achmadi. Walaupun dipilih model fleksibel, sebaiknya wardrobe tidak dipindah-pindah, kecuali jika kamar hendak direnovasi. Dengan demikian, pemilihan dan penempatan wardrobe sebaiknya dilakukan secara cermat. Entah itu dipesan ataupun dibeli, pemilihan wardrobe perlu mempertimbangkan desain, ukuran, dan material. Meski tidak mutlak, model menjadi pertimbangan pertama ketika seseorang memilih wardrobe .

“Bagaimanapun selain mengemban fungsi tertentu, furnitur, termasuk wardrobe , merupakan salah satu unsur dekorasi bagi kamar tidur. Akan menjadi sangat tepat jika pemilihan tampilan wardrobe disesuaikan dengan desain ruang,” kata Farissa. Misalnya, untuk ruang tidur modern bisa dipilih wardrobe dengan model simpel atau minimalis. Sementara wardrobe yang dilengkapi ornamen atau ragam hias akan lebih cocok untuk ruang tidur bergaya tradisional atau klasik.

“Sebagai saran, pilihlah model wardrobe yang serasi dengan furnitur lain di kamar, seperti ranjang, side table , sofa atau bench, dan meja rias. Saat ini di pasaran tersedia berbagai model wardrobe standar. Meski termasuk loose furnitur e , wardrobe juga dapat didesain khusus, termasuk berupa lemari tanam permanen,” ucap Farissa.

Aprilia s andyna