Edisi 17-10-2018
Mommy Makeover Selebritas Hollywood


MOMMY makeover menjadi istilah yang populer di kalangan selebritas yang baru saja melahirkan, juga para ibu milenial.

Istilah ini merujuk pada paket prosedur bedah plastik yang bertujuan mengembalikan bentuk tubuh perempuan ke keadaan sebelum kehamilan. Menurut ahli bedah plastik di Santa Monica, California, Amerika Serikat, Steven Teitelbaum, mommy makeover dipopulerkan selebritas ternama yang telah melahirkan. Mereka di antaranya Jennifer Lopez, Kim Kardashian, Khloe Kardashian, dan Kylie Jenner. Berbagai macam prosedur mommy makeover dilakukan selebritas Hollywood, misalnya Jennifer Lopez. Penyanyi cantik asal Puerto Riko ini mempekerjakan celebrity trainer terkenal, Gunnar Peterson, pascamelahirkan bayi kembar, Max dan Emme.

Peterson adalah pelatih kebugaran pribadi yang juga bekerja untuk Penelope Cruz, Kim Kardashian, dan Khloe Kardashian. Peterson mengaku membuat rencana kebugaran untuk selebritas berdasarkan jenis kehamilan dan kelahiran yang dialami. “Jika ingin berolahraga setelah melahirkan, hal yang harus dipertimbangkan yakni cukup tidur, hidrasi, dan nutrisi,” ujar Peterson dilansir dailymail.co.uk . Peterson menerangkan, jenis latihan yang dilakukan selebritas tersebut biasanya merupakan kombinasi latihan kardio dan kekuatan fisik. Latihan yang disarankannya yakni kardio dua hari seminggu serta tiga hari seminggu untuk campuran latihan kardio, latihan kekuatan, dan peregangan.

Selain latihan fisik dengan celebrity trainer , mereka juga melakukan diet. Misalnya saja Kim Kardashian yang melakukan diet atkins. Setelah melahirkan North West, dia menurunkan berat badan dengan diet ini. Pola diet yang dia ikuti adalah program diet rendah karbohidrat yang membatasi asupan gula dan karbohidrat. Kim mengaku di media sosial bahwa dia mengalami kenaikan berat badan hampir 30 kg. “Dengan diet ini, selama satu bulan saya bisa menurunkan berat badan hingga 5 kg,” ujar Kim. Sementara itu, adik Kim, Kylie Jenner, berusaha mengembalikan bentuk tubuh ideal dengan cara lebih instan, yakni melakukan operasi plastik, tiga bulan pascamelahirkan Stromi.

Kylie dikabarkan melakukan berbagai prosedur operasi plastik, di antaranya sedot lemak dan pengencangan payudara. Caitlyn Jenner dikabarkan memberikan biaya operasi plastik sejumlah USD50.000 (Rp750 juta) kepada kekasih Travis Scott tersebut sebagai hadiah pascamelahirkan. Berdasarkan survei demografis yang dikeluarkan RealSelf, orang-orang yang melakukan prosedur operasi plastik pascamelahirkan atau mommy makeover adalah perempuan usia 25-34 tahun. Sementara berdasarkan data statistik American Society for Aesthetic Plastic Surgery sejak 2017, para ibu milenial tersebut melakukan beberapa prosedur favorit.

“Data menunjukkan bahwa hampir 47% pasien melakukan prosedur pengencangan payudara, 55% melakukan labiaplasties, dan 20% persen melakukan pengencangan perut,” ujar Teitelbaum, dilansir dari allure.com. Teitelbaum menambahkan, meskipun mommy makeover kian diminati, hal ini tidak bisa dilakukan langsung setelah melahirkan. Para ahli bedah plastik umumnya merekomendasikan menunggu setidaknya enam bulan setelah melahirkan. “Enam bulan setelah melahirkan, kondisi rahim dan jaringan payudara akan kembali normal. Tubuh pun pulih dari tekanan kehamilan dan persalinan,” ujar Teitelbaum.

Senada dengan Teitelbaum, menurut ahli bedah plastik lainnya, Dr Dan Marsh, para ibu yang menginginkan mommy makeover harus menunggu setidaknya enam bulan pascamelahirkan. “Setelah melahirkan, perut terlalu longgar dan meregang. Lebih baik menunggu sampai jaringan secara alami kembali mendekati keadaan normal karena hasilnya lebih baik,” ujar Marsh. Dia menambahkan, dalam mommy makeover , para ibu cenderung ingin mengencangkan payudara dengan implan. Selain mengencangkan payudara, prosedur tummy tuck atau sedot lemak adalah prosedur lain yang cukup diminati.

“Kami juga telah melihat peningkatan pembentukan kembali pantat karena banyak ibu merasa bentuk pantat mereka telah berubah secara dramatis sejak melahirkan. Jenis operasi ini pasti meningkat,” ujar Marsh.

Dwi nur ratnaningsih