Edisi 17-10-2018
Ciputra Residence Gelar HSE Awards 2018


MEMASUKI tahun keempat, PT Ciputra Residence secara kontinu melaksanakan program Health, Safety & Environment Awards 2018 (HSE Awards 2018).

Dalam awarding tahun ini, sebanyak 42 kontraktor dan subkontraktor yang bekerja sama dengan PT Ciputra Residence akan dinilai untuk menjadi yang terbaik, dibagi ke dalam 9 kategori pemenang dan satu kategori apresiasi. HSE Awards 2018 ini merupakan tahap pendewasaan bagi PT Ciputra Residence dalam mengimplementasikan, sekaligus membudayakan budaya keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan (K3L) atau HSE di setiap denyut pembangunan proyek yang dilaksanakannya. Keberhasilan PT Ciputra Residence dalam menjalankan program HSE ini tidak lepas dari ko mitmen perusahaan dan ber bagai pihak terkait.

Dalam hal ini, para mitra kontraktor yang te lah bersama-sama mengim - plementasikan, serta membuda yakan HSE dalam setiap pe - ker jaannya. Hasilnya, sepanjang 2017 dan 2018 PT Ciputra Residence mampu menekan angka kecelakaan kerja secara maksimal menuju zero accident and zero loss time injury . Menurut Senior Director PT Ciputra Residence MI Meiko Handoyo, budaya HSE PT Ciputra Residence berbanding lurus dengan langkah pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan dalam mendorong berbagai pihak untuk semakin berperan aktif menurunkan tingkat kecelakaan kerja di Indonesia.

Tercatat, berdasarkan data dari BPJS Ketenagakerjaan, jumlah kasus kecelakaan kerja di Indonesia terus menurun. Tahun 2015 terjadi kecelakaan kerja sebanyak 110.285 kasus, sedangkan tahun 2016 sejumlah 105.182 kasus sehingga mengalami penurunan sebanyak 4,6%. Adapun sampai Agustus tahun 2017 terdapat sebanyak 80.392 kasus. ‘’Penerapan budaya HSE merupakan bagian integral pembangunan nasional untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing Indonesia. Kami di PT Ciputra Residence juga menyadari betul pentingnya penerapan budaya HSE dalam setiap pembangunan proyek kami,’’ ujar Meiko Handoyo.

Associate Director PT Ciputra Residence Lalitya Ciputra Sastrawinata menyebutkan, Ciputra Residence telah mengokohkan diri sebagai satu-satunya perusahaan yang komit dan secara berkelanjutan sejak 2015 memberikan apresiasi kepada para mitra kontraktornya yang telah melaksanakan budaya HSE secara konsisten. “Apabila HSE terlaksana dengan baik, maka kasus kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat ditekan, biaya-biaya yang tidak perlu dapat dihindari sehingga dapat tercapai suasana kerja yang aman, nyaman, sehat, dan klimaksnya tentu dapat meningkatnya produktivitas kerja,” kata Lalitya.

Anton c