Edisi 08-11-2018
Delapan Kecamatan di Jakbar Siaga Banjir


JAKARTA –Delapan kecamatan di Jakarta Barat siaga banjir di antaranya Cengkareng, Kembangan, Kebon Jeruk, dan Kalideres. Bentuk kesiagaan dengan mengerahkan Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

“Setiap kecamatan pasti ada titik-titik yang sifatnya genangan, kemudian wilayah rawan banjir juga ada datanya,” ujar Wakil Wali Kota Jakarta Barat Muhammad Zen, kemarin. Derasnya hujan membuat debit air kali/sungai meningkat sehingga menyebabkan ge - nang an. Apalagi setiap tahunnya di beberapa kali seperti Kali Pesanggrahan, Kali Mookevart, Kali Sekertaris, dan Kali Angke kerap meluap. Dia mengajak masyarakat ber peran aktif melakukan kerja bakti dengan PPSU untuk membersihkan saluran air yang mampet. Berdasarkan infor ma si dan prediksi Badan Pe nang gulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, curah hu jan tinggi di Jakarta Barat akan terjadi awal 2019.

“Prediksi pun caknya (curah hujan ter ting gi) pada Januari-Februari. Itu memang perlu kita antisi pasi,” katanya. Kasudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat Imron mengatakan, saat ini normalisasi 47 saluran air masih dilakukan. Dia menargetkan puluhan sa lur an rampung dinormalisasi se belum akhir tahun. “Kami ma sih mem - bangun saluran air/drainase sampai batas kon trak selesai. Kami kejar target sampai 15 De - sember nanti,” ujarnya. Sementara, menghadapi in - tensitas hujan yang tinggi, Sudin SDA Jakarta Utara mulai mem - per siapkan 8.000 karung pasir. Ka rung itu akan disebar di pantai utara Jakarta meng ha dang rob.

Tan pa adanya peng ha lang ka - rung pasir, rob di pas ti kan me rendam kawasan utara Jakarta. Ka - wa san permukiman padat se perti Muara Angke dan Luar Batang di Penjaringan ser ta Rusunawa Marunda di Ci lin cing menjadi beberapa lokasi yang diantisipasi Pemkot Ja kar ta Utara. Kasudin SDA Jakarta Utara Santo menuturkan, selain mem - prioritaskan dua keca ma tan itu, pihaknya juga me nyia ga kan karung pasir di empat ke camatan lainnya. “Masing-masing ke ca - ma tan di Jakarta Utara akan men dapat 1.000 ka rung pasir,” katanya. Untuk langkah awal se ba - nyak 6.000 karung disiagakan di enam kecamatan. Sisanya 2.000 karung disiagakan di kan tor sudin dan bakal di distri bu si kan ketika membutuhkan.

De ngan disebarnya karung-ka rung pa - sir, dia berharap an ti si pasi ke - mung kinan terburuk se perti tanggul jebol bisa dicegah sejak dini. Karung itu akan me nu tupi beberapa tanggul yang jebol sehingga menghambat laju air. Sebelumnya, pada tahun lalu banjir rob menerjang ka wa - san Penjaringan yakni Muara Angke dan Luar Batang. Saat itu dua rumah terendam usai tang - gul jebol. Air kemudian masuk ke permukiman warga.

Pu luhan warga terpaksa mengungsi. Selain mengantisipasi ban jir, Sudin SDA Jakarta Utara juga membenahi saluran air di wi layah rawan genangan seper ti Koja, Tanjung Priok, dan Penjaringan.

Yan yusuf


















Berita Lainnya...