Edisi 08-11-2018
Kasus Iklan Rekening Kampanye Jokowi Distop


JAKARTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meng hen ti kan penyidikan kasus iklan rekening dana kampanye calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) Joko Wi dodo (Joko wi)-KH Ma’ruf Amin (KMA).

Bawaslu menilai iklan rekening kampanye Jokowi-KMA tidak berpotensi me langgar aturan karena dipasang di luar jadwal kampanye media massa. Komisioner Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menyatakan pihaknya menghentikan kasus tersebut lantaran kejaksaan dan kepolisian memandang tak ada unsur pelanggaran dalam iklan itu. Dalam kasus ini, Ba waslu h a - nya sebagai eksekutor dari hasil penyidikan yang dila ku kan oleh kepolisian dan kejaksaan. “Kelanjutannya ada di ke - polisian dan kejaksaan. Kalaupun kami katakan itu diusut, tapi ketika kepolisian dan ke jaksaan menyatakan tidak me menuhi unsur tindak pidana maka tidak bisa kami teruskan karena proses penyidikan pasti tidak akan dilakukan,” ujarnya di Gedung Ba - waslu, Jakarta kemarin.

Dia mengatakan pihaknya akan segera menyurati KPU terkait aturan kampanye media massa. Menurutnya, berdasar pada keputusan kejaksaan dan kepolisian, KPU belum menetap kan aturan jadwal kampa - nye media massa sehingga be - lum bisa diputuskan iklan Jokowi-Ma’ruf merupakan pe - langgaran pemilu. “Bawaslu pertama akan se gera menyurati KPU karena per - bedaan pendapat ini kan (jadi) problem hanya karena KPU sam - pai hari ini belum menge luar kan keputusan tentang jad wal kampanye iklan media mas sa. Makanya KPU harus me la kukan per - cepatan menge luar kan ini sehingga tidak ada seolah-olah ada pembiaran orang bisa ber ka m - panye saat ini,” jelasnya.

Kasubdit IV Politik Tipidum Bareskrim Polri, Kombes Pol Djuhandani menyatakan salah satu alasannya karena tidak meme nuhi unsur pelanggaran sesuai UU Pemilu. Menurutnya, un - sur pelanggaran tidak ter pe nuhi sebagaimana diatur dalam Pa sal 492 dan Pasal 276 UU No mor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. “Kemudian, kalau penyidik ten tu saja berbicara unsur-un sur pasal. Sampai saat ini, KPU belum mengeluarkan jadwal kegiatan kampanye,” uca p nya di Bawaslu.

Mula akmal

Berita Lainnya...