Edisi 08-11-2018
Kegiatan Seru Pererat Hubungan Ayah dan Anak


Hari Ayah Internasional jatuh pada 12 November. Peristiwa ini sekaligus menjadi momen pas untuk merekatkan hubungan ayah dan anak yang bisa diwujudkan melalui berbagai kegiatan.

Berikut kegiatan seru yang bisa dilakukan anak dan ayah versi survei Litbang KORAN SINDO.

OLAHRAGA
Olahraga bersama ayah bisa menjadi salah satu kegiatan menyenangkan. Selain menyehatkan, kegiatan ini bisa menjadi hiburan bagi sekaligus mempererat hubungan anak dan ayah.

JALAN-JALAN KE TAMAN
Padatnya kegiatan yang dilakukan oleh ayah membuat jalan-jalan ke taman menjadi pilihan seru. Menghirup udara segar bisa membuat badan dan otak jadi lebih rileks. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk juga mengajak anak bermain di taman

IBADAH
Beribadah bisa menjadi kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak dan ayahnya. Sudah menjadi kewajiban bagi orang tua untuk mengajarkan agama pada anaknya sedini mungkin. Dengan mengajak anak beribadah bersama, hal ini menjadi salah satu bentuk pengajaran agama pada anak.

MANCING
Kegiatan ini menjadi aktivitas yang digemari oleh sebagian besar kaum laki-laki. Daripada bosan sendiri menunggu umpan dimakan, tak ada salahnya mengajak anak untuk menemani. Memancing menjadi kegiatan yang melatih kesabaran. Meskipun begitu, banyak yang menggemari aktivitas luar ruangan ini. Kegiatan ini bisa diterapkan untuk melatih kesabaran anak.

MENCUCI KENDARAAN BERSAMA
Ajaklah anak saat mencuci kendaraan sendiri. Kegiatan ini bisa melibatkan anak untuk menjalin kedekatan. Sembari mencuci kendaraan, juga bisa bermain air dengan anak. Hal ini tentu menjadi kegiatan menyenangkan untuk anak dan seru untuk sang ayah.

MENONTON FILM
Kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan adalah menonton film bersama. Saat ini sudah ada channel TV yang menayangkan berbagai film sehingga tidak perlu pergi ke bioskop. Namun tak ada salahnya juga sesekali mengajak anak menonton di bioskop.Tentunya film yang dipilih adalah film yang sesuai dengan usia anak.

OUTBOND
Outbond saat ini sudah menjadi kegiatan yang banyak dilakukan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Serangkaian kegiatan ini melatih keberanian anak dalam menyelesaikan tantangan. Anak biasanya akan menjadi lebih berani berkat dukungan dari ayah ataupun ibunya. Ayah bisa memberikan dukungan dengan ikut bersama melakukan kegiatan ini. Hal tersebut membantu mengurangi ketakutan yang dirasakan oleh anak.

MAKAN BERSAMA
Kegiatan makan bersama bisa jadi merupakan hal sederhana yang sarat akan makna. Bisa dilakukan di rumah maupun di restoran, yang terpenting adalah momen berkumpul bersama keluarga. Saat di rumah, momen makan bersama dalam satu meja bisa jadi merupakan hal yang sulit dilakukan. Kegiatan ini mengajarkan anak arti kebersamaan bersama keluarga dan menghargai waktu.

BELANJA
Bukan saja untuk para ibu, namun ayah juga sesekali bisa pergi berbelanja. Saat belanja Ayah bisa juga menanyakan pada anak mengenai pilihan baju yang cocok misalnya.Aktifitas ini bisa membuat anak berani menyampaikan pendapatnya pada orang tua

MENEMANI AYAH PERGI KE BENGKEL
Mengenalkan anak pada moda transportasi bisa dengan banyak hal. Salah satunya adalah mengajak anak menemani ayahnya ke bengkel. Di sana anak akan melihat berbagai macam mobil atau motor dengan berbagai macam permasalahan. Ayah bisa dengan sabar menjelaskan atau menerangkan soal bagian-bagian dalam kendaraan.

CARA MEMBANGUN KEDEKATAN AYAH DAN ANAK

Jangan jadikan kesibukan sebagai alasan
Setidaknya, ingatkan suami menyisihkan waktu seminggu sekali untuk beraktivitas bersama si kecil. Baik itu bermain maupun menemaninya mengerjakan PR dari sekolah.

Menghabiskan waktu berkualitas dengan anak tidak harus selalu bermain selama berjam-jam
Nonton TV atau bermain dengannya dalam waktu relatif singkat, tapi konsisten, akan lebih baik dalam meningkatkan hubungan ayah dan anak. Ingat, jangan hanya 'ada fisiknya', tapi tak ada 'keterlibatan emosional’.

Libatkan anak membantu mengerjakan pekerjaan rumah yang tak terlalu rumit
Misalnya membantu suami mencuci mobil, dengan membersihkan bagian yang tak terlalu sulit dilakukan. Pekerjaan rumah pun menjadi menyenangkan jika dikerjakan bersama dengan si kecil.

Menyempatkan diri menemani anak menjelang tidur
Sekadar berbincang tentang kegiatan si kecil hari itu, atau menceritakan masa kecil suami yang seru. Momen ini akan membuat anak mengerti bahwa ada sosok lain yang siap berada di dekatnya selain ibu.

Saat anak sedang manja, biarkan suami menggendongnya
Momen seperti ini akan membangun kedekatan emosional yang lebih besar pada ayah dan anak. Sumber: Huffington Post












Berita Lainnya...