Edisi 08-11-2018
Terminal 4 Bandara Soetta Dibangun 2019


JAKARTA – PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) berencana akan melakukan pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno- Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

Tak hanya itu, Terminal 1 dan 2 juga akan direvitalisasi. Direktur Teknik dan Operasi AP II Djoko Murjatmodjo mengatakan, pihaknya masih mem buka pelelangan pekerjaan desain Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Jadi, kami (AP II) akan menentukan konsultan yang layak untuk mengkreasikan konsep rancangan terminal berikut basic design serta detail engine ering design (DED),” ujarnya di Jakarta kemarin.

Sementara itu, Direktur Keuangan Angkasa Pura II Andra Y Agussalam mengatakan, pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta juga akan membuka lelang untuk pengerjaan konstruksi. “Di mana pembangunannya diperkirakan dimulai pada 2019 atau 2021 dan ditargetkan selesai pada 2025 dengan kapasitas mencapai 40 juta penumpang pertahun,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, AP II juga akan menargetkan total kapasitas penumpang mencapai 110 juta penumpang per tahun di Bandara Soetta. Untuk Terminal I dan II akan dilakukan revitalisasi atau pengembangan menambah runway serta kapasitas penumpangnya.

“Revitalisasi Terminal 1 dan 2 itu untuk meningkatkan jumlah penumpang dengan target 24 juta penumpang satu ter mi nal. Di mana saat ini kan masih 9 juta penumpang pertahun. Jadi total 18 juta penumpang dari dua terminal tersebut,” pungkasnya.

ihsan amin/okezone