Edisi 08-11-2018
Buah Kerja Keras


MILAN – Inter Milan mematahkan prediksi yang menyebut mereka bakal dihabisi Barcelona untuk kedua kali saat penyisihan Grup B Liga Cham pions.

Hasil 1-1 di Giuseppe Meazza, Rabu (7/11), mengindikasikan I Nerazzurribukan tim lemah. Skor sama kuat membuat Inter belum terkalahkan selama empat laga kandang terakhir di Liga Champions kontra Barcelona.

Mereka telah mengemas satu kemenangan dan tiga kali seri. Itu sekaligus memperbesar kans Inter melaju ke fase knock-out. Saat ini wakil Seri A itu berada di urutan kedua klasemen sementara Grup B dengan tujuh poin.

Menyisakan dua laga lagi, Inter kini berpeluang melenggang sebagai runner- up ataupun juara grup. Performa impresif Inter mendapat pujian dari pelatih Luciano Spalletti. Dia mengaku sangat terkesan dengan kekuatan mentalitas pasukannya yang mampu menyulitkan Barcelona sepanjang pertandingan.

Faktanya, sempat tertinggal akibat gol Malcom pada menit ke-83, Mauro Icardi langsung membalasnya empat menit kemudian. “Terlihat pertandingan akan berakhir tanpa gol. Kami tidak menduga gol Barcelona.

Tapi, reaksi kami sungguh fundamental. Lawan lebih banyak menguasai bola. Mereka hampir saja mencetak dua atau tiga gol. Namun, kami bermain dengan keberanian dan sikap yang tepat. Semua itu membuat saya senang,” ungkap Spalletti, dilansir Football-Italia.

Senada dengan Spalletti, Icardi menilai keberhasilan Inter mengimbangi Barcelona bukanlah suatu kebetulan. Dia menyebut kekalahan 0-2 saat pertemuan pertama di Camp Nou, Kamis (25/10), membuat motivasi dan semangat tempur para pemain semakin berlipat.

Bomber asal Argentina tersebut berharap kinerja bagus Inter terus berlanjut. Bukan hanya di Liga Champions, juga di Seri A. Selanjutnya, Radja Nainggolan dkk akan bertandang ke Stadio Atleti Azzurri d’Italia, markas Atalanta, Minggu (11/11).

“Kami menghadapi tim terbaik di dunia. Tapi, kami tidak pernah menyerah. Kami terus bertarung dan saya akhirnya mencetak gol. Sejauh ini, kami menunjukkan kepercayaan besar di Liga Champions.

Kami terus bertarung dengan seluruh kemampuan,” papar Icardi. Hasil imbang sejatinya sudah cukup bagi Barcelona untuk lolos ke babak gugur kendati masih menyisakan dua pertandingan.

Karena, jawara Primera Liga itu memuncaki klasemen sementara Grup B dengan 10 poin atau unggul enam poin dari urutan keempat. Karena itu, pelatih Barcelona Ernesto Valverde tidak terlalu kecewa karena misi di Giuseppe Meazza telah ter - penuhi.

“Kami ingin memperbesar keunggulan. Kami sudah melakukan upaya. Tiket babak gugur sudah didapat. Kami bermain bagus, begitu pula dengan Inter,” katanya. Valverde turut mengomen tari pertanyaan seputar Lionel Messi yang sempat dikabarkan akan tampil lagi setelah absen dua pekan.

Dia menyebut penyerang bernomor 10 itu belum cukup fit dari cedera lengan kanan sehingga tim memutuskan melakukan evaluasi lebih lanjut. Messi juga kemungkinan masih belum bisa tampil saat Barcelona menjamu Real Betis, Minggu (11/11).

“Kami tidak ingin mengambil risiko terhadap Leo (Messi). Kami sangat berhati-hati di sesi latihan. Tapi, kami mengetahui pertandingan melawan Inter sangat sulit,” ujarnya.

Pada pertandingan Grup B lainnya, Tottenham Hotspur bisa memperpanjang napasnya di Liga Champions setelah sukses mengalahkan PSV Eindhoven 2-1. Sempat tertinggal lebih dulu oleh gol Luuk de Jong (2), The Lilywhites membalas lewat dua gol Harry Kane (78, 89).

Hasil positif di Wembley Stadium membuka kembali kans utusan Liga Primer itu untuk bertahan lebih lama. Armada Maurico Pochettino kini menempati urutan ketiga dengan empat poin atau unggul tiga poin dari PSV yang terjebak di dasar klasemen sementara Grup B.

alimansyah