Edisi 08-11-2018
Radwanska Bimbang Pikirkan Masa Depan


KRAKOW- Agnieszka Radwanska mungkin harus lebih serius memikirkan masa depannya di dunia tenis.

Karena, setelah mengakhiri musim WTA Tour 2018 lebih cepat seusai tampil di Korea Terbuka, Seoul, September lalu, petenis asal Polandia ini masih saja berkutat dengan cedera.

Radwanska, yang pernah menempati peringkat 2 dunia, mengaku mengalami kesulitan untuk menyembuhkan cedera pada kakinya. Sejak kekalah an nya dari Irina-Camelia Begu 4-6, 3-6 di babak 16 besar Korea Terbuka, dia belum bermain tenis lagi.

Bahkan, wanita ber usia 29 tahun ini masih belum bisa menentukan rencana masa depannya. “Ini kasus yang menyulitkan. Operasi apa pun tidak akan membantu. Ketika saya mengenakan sepatu hak tinggi atau sepatu untuk bertanding, rasa sakitnya tetap sama.

Sederhananya, kaki kiri saya begitu kesakitan akibat berlari sehing ga beberapa hal tidak bekerja dengan baik lagi,” kata Radwan ska, dilansir tenisworld . Sepanjang tahun ini Radwanska hanya mengikuti 14 turnamen tanpa meraih gelar.

Torehan terbaiknya cuma mencapai semifinal di Eastbourne Internasional, Juni lalu. Kondisi ini menunjukkan bahwa dia sudah mulai sulit bersaing dengan para petenis elite dunia. Bahkan, peringkatnya terus anjlok ke-77 dunia.

“Semuanya bengkak, lalu dengan cukup cepat muncul peradangan. Saya bahkan bisa terbangun di tengah malam karena kram. Suntikan apa pun tidak membantu, baik kortisol maupun plasma,” ucap Radwanska. Meski demikian, Radwanska tetap akan berusaha untuk berkompetisi lagi.

Namun, juara WTA Finals 2015 ini belum yakin tentang masa depannya. Ya, finalis Wimbledon 2012 ini masih akan memikirkan rencana selanjutnya. “Rencana untuk masa depan pasti banyak melakukan rehabilitasi dan lebih memperhatikan kesehatan serta berusaha untuk mencapai performa prima.

Dalam beberapa pekan ke depan akan memperlihatkan apakah saya akan bisa kembali ke lapangan secepatnya dan apakah saya bisa kembali sepenuhnya kedunia tenis,” ucap Radwanska.

Belum jelasnya nasib Radwanska terlihat lantaran masih belum mendaftar untuk turnamen musim 2019. Alasannya, dia tidak ingin kembali dengan keadaan kondisi 100% fit. Karena, itu bisa mendatangkan risiko sangat besar untuk kariernya kedepan.

Jadi, petenis kelahiran Krakow, 6 Maret 1989, ini masih dilema dengan keputusan apa yang akan diambilnya. “Saya belum mendaftar di turnamen mana pun untuk musim 2019. Jadi, jika nanti kembali melanjutkan kiprah saya di dunia tenis, saya tidak tahu kapan.

Untuk saat ini saya terjebak di antara dua pilihan yang sulit,” tuturnya. Sementara itu, pelatih Tomasz Wiktorowski menilai masa depan anak asuhnya hanya tergantung yang bersangkutan.

Namun, menurutnya, Radwanska masih memiliki kesem patan untuk kembali ke atas lapangan. Tapi, dia tidak tahu akan mulai dari mana. “Hanya Radwanska yang tahu hal yang dilaluinya belakangan ini dan masalah apa yang harus hadapi.

Saya tidak akan mengatakan bahwa dia akan meneruskan kariernya dari awal musim atau dari Wimbledon, karena ada begitu banyak kemungkinan,” tutur Wiktorowski.

raikhul amar