Edisi 08-11-2018
Bukan untuk Orang Konservatif


BMWX2 menggabungkan desain SAV dan Coupe yang membuat tampilannya lebih nakal serta eye catching.

Inilah mobil yang tidak pantas untuk dimiliki orang-orang yang konservatif, mengapa? BMW Group Indonesia akhirnya merilis mobil terbaru mereka, BMW X2, minggu lalu. Mobil ini hadir dengan banderol yang lebih mahal dari BMW X1.

Jika BMW X1 dibanderol di harga off the road Rp688 juta, maka BMW X2 sDrive 1.8i M Sport X dibanderol di harga Rp839 off the road . Perlu dicatat, platform yang digunakan BMW X2 ini sama dengan platform yang digunakan oleh BMW X1 dan keluarga beda gen mereka, MINI Countryman.

Meski sama, BMW membuat mobil ini jauh lebih stylish dan eye catching . BMW X2 seperti anak yang tidak mewarisi gen keluarga BMW X lainnya yang tampil dengan dandanan SUV konservatif.

Dia jadi seperti anak pembangkang yang tidak ingin menuruti keinginan orang tua. Inilah mengapa BMW memberikan tagline The Cool Rebel kepada BMW X2. “First Ever BMW X2 bukanlah kendaraan untuk semu orang, melainkan hadir untuk individu yang berani tampil beda.

Cool rebel X selalu tampil beda dan menjadi pusat perhatian,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia. BMW X2 memang sangat beda dengan keluarga BMW X lainnya.

Desain BMW X2 karya Adrian van Hooydonk ini bisa dibilang berani melabrak rancangan BMW modern, dengan memasukkan elemen model BMW ikonik. Seperti logo yang tersemat di pilar-C— pernah dipopulerkan oleh BMW 2000 CS dan BMW 3.0 CSL.

X2 juga menjadi BMW pertama dan satu-satunya di Indonesia yang dilengkapi paket M Sport X. Pembedanya ada pada perpaduan warna frozen grey di area air dam depan, bagian bodi samping dan fender .

Warna itu terlihat kontras dengan kelir bodi mentereng galvanic gold dan misano blue , tapi tetap terlihat sesuai. Sayangnya tidak ada yang istimewa dari spesifikasi teknis X2. Varian sDrive18i berarti serupa dengan X1 sDrive18i.

Inilah BMW yang kehilangan karakter aslinya karena menganut penggerak roda depan (FWD). Mesinnya juga kecil, konfigurasi 3- silinder 1,5-liter yang disokong twinpower turbo . Ya, sama dengan mesin yang ada di BMW X1 dan MINI Countryman.

Begitu juga dengan interior yang terbilang masih sama dengan keluarga BMW lainnya. Tidak ada yang revolusioner untuk urusan interior yang desain luarnya begitu unik. Namun, bisa dibilang BMW X2 memiliki keistimewaan desain yang sangat menarik.

Apalagi ada satu hal yang membuatnya jadi istimewa, yakni populasinya yang langka. Setiap satu tahunnya hanya akan ada 20 unit X2 di Indonesia. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania.

“Tidak semua orang bisa memiliki mobil spesial ini (BMW X2) karena limited . Hanya ada 20 unit per tahun,” katanya. Namun, khusus untuk tahun ini, BMW Indonesia hanya membawa 5 unit BMW X2 dan itu juga sudah ada yang memesannya.

“Khusus tahun ini hanya 5, jadi total 6 unit BMW X2 dengan display- nya. Iya, sudah ada yang pesan beberapa,” ujar Jodie. Membatasi unit BMW X2 merupakan kebijakan sengaja dari BMW Group Indonesia. Mereka ingin membuat mobil yang oleh BMW disebut sebagai compact sport activity coupe ini spesial dan dimiliki oleh orangorang spesial pula.

wahyu sibarani