Edisi 08-11-2018
Hidrasi Tubuh dengan Minuman Ion


TUBUH kehilangan cairan lewat keringat, bernapas, urine, atau feses. Cairan ini harus diganti secara kontinu agar fungsi metabolisme tubuh tetap terjaga.

Minuman ion bisa men jadi solusinya. Hal tersebut diungkapkan dr Haekal Yassier Anshari, pakar kesehatan. Menurutnya, tubuh mengandung cairan yang terdiri atas air dan ion yang dapat membantu sel tubuh untuk beregenerasi.

Namun, terkadang cairan dalam tubuh kerap mengalami perubahan karena beragam aktivitas. “Maka itu, penting untuk kita dapat mengganti cairan tubuh yang keluar agar fungsi metabolisme tubuh tetap terjaga,” katanya dalam acara Otsuka Resmi Meluncurkan Ion Water, Minuman Ion Rendah Kalori di Indonesia.

Dokter yang juga pakar anti-aging ini menambahkan, menggantikan cairan tubuh yang hilang tidak cukup dengan air putih saja. Tubuh juga memerlukan asupan ion untuk menggantikan cairan ion yang hilang setelah beraktivitas.

Ion ini kemudian akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat memperkuat sistem imun dan meningkatkan kinerja saraf dan otak. Tubuh harus selalu terhidrasi dengan banyak mengonsumsi cairan karena 70% tubuh mengandung air.

Setiap hari seseorang disarankan minum 2 liter air atau 8 gelas minimal. “Jika aktivitas sedang padat, sebaiknya minum cairan ion untuk mengganti cairan yang hilang,” ujarnya. Cairan ion juga bisa diperoleh dari sayur dan buah.

“Air adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh yang bisa didapat lewat cairan, air putih, atau makanan. Ini penting untuk mengganti kehilangan cairan tubuh setiap hatinya,” beber Joan Koelemay RD, ahli nutrisi dari Beverage Institute, dikutip dari WebMD.

Sementara itu, nephrologist Steven Guest dari Kaiser Nep Permanente menyatakan, cairan tubuh hilang lewat keringat, urine, feses, dan bernapas. “Ini harus diganti agar kesehatan tetap terjaga,” kata Guest.

Ada beberapa manfaat menghidrasi tubuh, di antaranya mengontrol kalori, menjaga kesehatan kulit, dan menjaga kesehatan pencernaan, termasuk menjaga kesehatan sel-sel otot. “Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang cukup, kerja otot menjadi tidak optimal,” ujar Guest.

Karena itu, hidrasi tubuh yang cukup saat berolahraga amat krusial. Merujuk panduan American College of Sports Medicine, disarankan mencukupi cairan tubuh sebelum dan selama berolahraga. Panduan ini menyarankan untuk minum sekitar dua jam sebelum olahraga.

Selama berolahraga, disarankan untuk tetap terhidrasi guna menggantikan cairan yang hilang melalui keringat. PT Amerta Indah Otsuka meluncurkan Ion Water, minuman ion rendah kalori yang cocok untuk mereka yang ingin mengembalikan cairan dan ion tubuh yang hilang, tetapi dengan ko mposisi rendah kalori.

Riset oleh Mintel mengung kapkan, tiga dari empat atau 75% masyarakat urban di Indonesia ingin memiliki pola makan yang lebih sehat. Selain itu, 58% masyarakat urban Indonesia juga memiliki keinginan untuk berolahraga lebih banyak.

“Ion Water, minuman ion rendah kalori, memberi manfaat kesehatan serta dapat mendukung masyarakat dalam menerapkan gaya hidup aktif yang lebih sehat,” ujar Marketing Direktur Amerta Indah Otsuka Ricky Suhendar.

Ion Water memiliki kandungan kalori sebanyak 35 kkal per 250 ml atau setara 14 kkal per 100 ml. Dengan komposisi ini, Ion Water telah memenuhi standar Badan Pengawasan Obat dan Makanan( BPOM ) sebagai minuman rendah kalori.

Komposisi ion dalam Ion Water mirip komposisi cairan tubuh, di antaranya natrium 23 mEg/L, kalium 5 mEg/L, kalsium 1 mG/L, magnesium 0.5 mG/L, klorida 16 mEg/L, sitrat 10 mG/L, dan laktat 1 mG/L, yang mudah diserap tubuh dan dapat mengembalikan cairan serta ion tubuh dengan optimal.

Selain itu, Ion Water tidak mengandung pemanis buatan dan pengawet sehingga aman dikonsumsi. Keseimbangan air dalam tubuh manusia akan tercapai bila volume asupan air sama dengan volume air yang dikeluarkan.

Maka itu, disarankan tidak perlu menunggu rasa haus muncul untuk minum air secara teratur, paling tidak sebanyak satu gelas setiap dua jam di sela-sela aktivitas. Bahkan, ketika berada di ruangan berpendingan udara dan tubuh tidak mengeluarkan keringat. Karena itu, pastikan tubuh senantiasa terhidrasi dengan baik.

sri noviarni