Edisi 08-11-2018
Lengkingan sang Diva di Candi Borobudur


DIVA musik dunia Mariah C arey sukses menghapus kerinduan penggemar lewat konser bertajuk Himbara Borobudur Symphony Mariah Carey Liv In Concert di taman Lumbini, kawasan Candi Borobudur , Magelang, Jawa Tengah, Selasa (6/11) malam.

Mariah Carey begitu memuji keramahan penonton Indonesia, sekaligus keindahan alam dan bangunan bersejarah Candi Borobudur yang mem buatnya betah dan merasa seperti berada di rumah sendiri.

Konser yang diinisiasi pihak Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, Himpunan Bank Negara (Himbara), serta didukung oleh Rajawali Communications ini pun begitu mampu menunjukkan per paduan dua mahakarya seni indah.

Merdunya lengkingan suara sang diva berpadu apik dengan latar belakang bangun an peninggalan sejarah Candi Borobudur. Selama kurang lebih 1,5 jam, pemilik lagu Hero tersebut tampak memuaskan penonton lewat suguhan penampilannya yang cukup komunikatif membawakan 18 lagu hits -nya.

Penyanyi 48 tahun ini berusaha untuk membalas sambutan luar biasa penonton seraya mengajak mereka untuk ikut bersenandung. Bahkan, diva kelahiran Huntington, New York, 27 Maret 1970 ini terlihat bahagia dan berterima kasih dengan antusiasme penonton menyanyikan lagulagunya.

Meski begitu, penonton merasa tanggung karena lagu hits seperti Without You, Endless Love atau When You Believe tidak dihadirkan dalam konser ini. Konser di Indonesia bisa dibilang berbeda dari segi setlist lagu lantaran penyanyi peraih penghargaan 5 Grammy Award ini pun tampak begitu kagum dan memuji keindahan bangunan Candi Borobudur sehingga membuatnya mengganti setlist yang disesuaikan dengan mood atau suasana hatinya malam itu.

Kemeriahan Borobudur Symphony Mariah Carey Live In Concert 2018 pun dimulai sekitar pukul 20.20 WIB selepas menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya . Mimi, demikian Mariah Carey disapa, menghadirkan histeria bagi penonton ketika langkah kakinya memasuki panggung, dengan menyapa sekaligus meredam teriakan histeris penontonnya.

“Hallo Indonesia, how’s ur feeling... semoga kalian menikmati penampilanku malam ini,” kata Mimi menyapa penonton, dari atas panggung yang terletak pelataran Lumbini, membelakangi Candi Borobudur yang bermandikan cahaya malam, Selasa (6/11) malam.

Tampil anggun mengenakan long dress merah marun dan sepatu hight h eels berkelir perak, Mimi dengan rambut blonde panjang sepinggang terurai indah ini, di atas panggung didampingi empat penari latar, tiga backing vocal , plus iringan full band, tanpa banyak berbasa basi memba wakan single pembuka Fly Away .

Ketika lagu pembuka selesai, ibu dari Moroccan Scott Cannon dan Monroe Cannon ini pun kembali membuka sedikit interaksi kepada penonton. “Terima kasih. Saya butuh sedikit touch up untuk lagu selanjutnya,” katanya, sambil mempersilakan dua persona seksi make-up naik ke atas panggung, dan membereskan dandanan make-upnya.

Setelah itu, mengalir nomor Honey danShake lt Off. Dua tembang berurut ini kelar, Mimi kembali membuka dialog. “Hujan sebelum konser membuat sedikit licin panggung. Kita hanya bisa berdoa semoga tidak ada seorang pun yang terjatuh,” katanya, diamini pencintanya yang datang mengular sejak sore hari.

Selepas itu, yang terjadi selanjutnya adalah pertunjukan vokal yang tidak biasa. Sejumlah nomor lagu lainnya seperti Make It Happen, Fantasy, Always Be My Baby dan Love Takes Time , mengalir dengan menyenangkan.

Lagu superhits miliknya berjudul Emotions dihadirkan di atas panggung. Single ini menjadi salah satu dari sekian banyak nomor yang paling ditunggu. Itu karena tingkat kesulitan dalam membawakannya.

Pada lagu ini pula, nama Mimi senantiasa dikaitkan dengan nama diva Whitney Houston dan Celine Dion dalam kemampuan jangkauan suara yang luar biasa tinggi. Oleh karenanya, ketiganya dinobatkan sebagai “Vocal Trinity”, atau Queen of Vocal Range .

Kemampuan vokal Mimi yang mampu menjangkau hingga lima oktaf (interval antara suatu not dengan not lain dengan frekuensi dua kalinya) mampu menyihir penonton. Dari nada terendah di nada F2 yang terdengar di lagu Sweetheart , dan nada tertinggi di G7 di lagu Emotions .

Jangkauan vokal Mimi, ajaibnya, hanya kalah dari vokal milik Axl Rose, vokalis Guns and Roses. Lagu selanjutnya pun dibawakan untuk semakin membawa kemeriahan dalam konser malam itu.

Lagu hits seperti Beautiful, The Distance, One Sweet Day, I Don’t want To Cry, dan My All mengalir lancar di atas panggung. “Saya enggak bisa lihat kalian di belakang, tapi saya harap kalian baikbaik saja,” kata Mimi, mencoba menyapa penontonnya yang lumayan jauh dari jangkauan matanya.

Kemudian dia menghilang ke balik panggung untuk berganti baju long dress warna kuning keemasan, sebelum menawarkan lagu bertempo upbeat yang menggoyang penonton lewat lagu It’s Like That. Disusul secara berurut nomor, Don’t Forget About Us dan Love Hangover/ Heartbreaker .

Lagi-lagi dia membuka komunikasi satu arah. “Kalian masih baik-baik saja. Saya mendapatkan kesenangan yang luar biasa malam ini. Saya harap kalian juga. Berikutnya, saya ingin kalian semua bernyanyi bersama kami,” katanya, sebelum membawakan We Belong Together .

thomasmanggalla