Edisi 08-11-2018
Mobil Toretto pada Masa Depan


DODGE Charger klasik kadung identik dengan tokoh fiksi Dominic Toretto yang ada di film Fast and Furious.

Nah, baru-baru ini Dodge membuat sebuah mobil konsep yang terinspirasi dari Dodge Charger klasik. Jika Dominic Toretto mengendarai Dodge Charger 1970, maka Dodge memilih mobil yang lebih ikonik lagi, yakni Dodge Charger 1968 sebagai sumber inspirasi.

Nama mobil konsep tersebut adalah Dodge Super Charger 1968 Concept. Mobil ini dibuat untuk memperkenalkan mesin baru buatan Dodge, yaitu Hellephant 426 Supercharged Mopar Crate HEMI. Mesin baru tersebut mampu menggelontorkan tenaga hingga 1.000 daya kuda.

Seluruh tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi yang sebelumnya digunakan di Dodge Challenger SRT Hellcat, yakni transmisi manual 6 percepatan T-600. Dodge memang berusaha memasukkan beberapa elemen kekinian di mobil konsep klasik ini.

Selain transmisi yang ada di Dodge Challenger SRT Hellcat, mereka juga menambahkan beberapa elemen yang ada di Dodge Charger SRT. “Penggemar kami mendambakan daya dan kinerja serta mesin Hellephant Mopar Crate HEMI baru kami dan kit , menghasilkan tenaga kuda dan torsi besar dalam paket plug-and-play yang unik di industri,” kata Steve Beahm, Kepala Bagian & Layanan Mopar dan Merek Mobil Penumpang FCA Amerika Utara.

Fitur tambahan dari Hellephant 426 Supercharger Mopar Crate HEMI termasuk penutup katup yang diimpor dari Dodge Challenger CRT Hellcat Redeye dan valve train dari Dodge Challenger CRT Demon.

“Dodge Charger 1968 adalah salah satu mobil klasik terpanas. Itulah sebabnya kami memutuskan untuk menggunakannya sebagai titik awal untuk Super Charger Concept (mobil konsep baru Dodge Super Charger 1968). Ini adalah kendaraan yang luar biasa dan sebuah karya besar untuk mesin ‘Hellephant’ kami,” kata Beahm.

(wahyu sibarani)