Edisi 08-11-2018
Apresiasi untuk Pemuda Berprestasi


DALAM upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda 2018 yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Minggu (28/10), para pemuda berprestasi di bidang dan komunitas masing-masing memperoleh penghargaan.

Ada 36 pemuda dari berbagai daerah di Tanah Air yang diberikan penghargaan oleh Kemenpora secara simbolik dan diserahkan langsung Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh, didampingi Deputi Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, saat upacara.

Mereka dinilai telah menginspirasi dan membangkitkan semangat bangun satukan Indonesia. Ada pemuda pelopor bidang pendidikan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan pariwisata, pangan, inovasi teknologi, agama, sosial, dan budaya.

Sementara dari penggiat wirausaha muda, ada bidang pangan dan kuliner, perdagangan dan jasa, industri kreatif, serta para penggeraknya. Selain para pemuda yang melalui seleksi ketat dari masing-masing daerah, penghargaan juga diberikan kepada pemuda berprestasi tingkat internasional serta pemuda difabel berprestasi.

“Di samping upacara, Kemenpora juga mengapresiasi berbagai prestasi yang ditorehkan anak muda kreatif, inovatif, dengan aspek kepemimpinannya, kepeloporannya, kewirausahaannya, dan kesukarelawanannya, dengan mekanisme seleksi secara berjenjang dari daerah sampai pusat.

Mutiara-mutiara terpendam itu kami gali, kami berikan apresiasi, serta kami kabarkan agar menjadi inspirasi bagi anak muda Indonesia,” kata Deputi Asrorun Niam. Adapun bentuk apresiasi berwujud uang pembinaan bagi pemuda pelopor masing-masing bidang.

Juara I mendapatkan uang senilai Rp20 juta, juara II Rp15 juta, dan juara III Rp10 juta. Untuk kelompok wirausaha muda pemula masing-masing bidang mendapatkan, juara I mendapatkan Rp30 juta, juara II Rp20 juta, juara III Rp15 juta.

Sedangkan untuk penggerak wirausaha, juara I mendapatkan uang sebesar Rp50 juta, juara II Rp30 juta, dan juara III Rp20 juta. Adapun untuk yang nonseleksi dari pemuda berprestasi tingkat internasional dan pemuda difabel terdiri enam orang, masing-masing diberikan Rp15 juta.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi mengatakan semua pihak diharap terus memberikan dukungan dan doa agar para atlet bisa terus sukses dibidang olahraga. “Saya kira kita terus berusaha dan kita sudah punya tempat yang baik di Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018,” ucap Imam.

Dia juga mengapresiasi terselenggaranya Youth Expo and Festival, juga berterima kasih kepada pengunjung yang sudah datang. “Selamat kepada Deputi dan jajaran yang telah melaksanakan acara ini. Terima kasih juga kepada para pengunjung, pengisi acara, stan, serta semua sahabat dan saudaraku yang sudah hadir,” tuturnya.

iman firmansyah